-->
    |

Aron Hadiri Deklarasi ODF Desa Gonis Tekam

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bertempat di halaman kantor desa Ginis Tekam, Bupati Sekadau Aron SH didampingi Kadinkes PP dan KB, Kadis PMD,Kasat Pol PP, Kadis Dukcapil, perwakilan dari Polres Sekadau, Danramil Sekadau Hilir, dan Plt.Camat Sekadau hilir menghadiri acara open depecation free (ODF ) STBM desa Gonis Tekam Rabu (29/11) 2023.

Kedatangan Bupati disambut dengan tarian adat setempat.

Kades Gonis Tekam Rizal Arafat dalam keterangannya menyebutkan, untuk sampai pada deklarasi ODF, STBM desa Gonis Tekam melakukannya dengan bertahap sejak tahun 2018, sampai 2023. Namun pada tahun 2020 dan 2021 tidak bisa dianggarlan karena adanya wabah Covid-19, dan baru di angarkan kembali oada tahun 2022 dan 2023 terang kades.



Desa Gonis Tekam terdiri dari 7 dusun dan 23 RT 

Saat ii yang masih sangat dibutuhkan warga desa Gonis Tekam adalah jaringan air bersih.

Plt.camat Sekadau Hilir Zulkipli sangat mengapresiasi pencapaian ODF hari ini. Meski tugas kita ada 5 pilar, dan baru tercapai 3 pilar, tapi ini sudah luar biasa kata Camat.

Setelah desa Gonis Tekam, dua desa lainnya sudah mempersiapkan diri untuk ODF yaitu desa Seraras dan Desa Timpuk yang tinggal menunggu di ferivikasi. Selanjutnya target kita adalah desa Peniti yang saat ini hanya tinggal 10 rumah yang belum memiliki jamban atau water close (WC) di rumah terang Camat.

Kadis Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau Henry Alpius mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu desa Gonis Tekam deklarasi ODF hari ini. Untuk mewujudkan hidup sehat, faktor utamanya adalah lingkungan. Jadi dengan lingkungan yang bersih maka derajat kesehatan kita juga meningkat kata Henry.

Bupati Sekadau Aron SH yang hadir pada deklarasi ODF desa Gonis Tekam sangat mengapresiasi pigak desa yang telah berhasil mendeklarasikan diri sebagai desa yang bebas buang air besar sembarangan (BBABS).

Untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, Aron telah membuat imbauan agar seluruh instansi.pemerintah termasuk desa mengalaknan Jumat bersih ucap Aron.

Usai.memberikan Berbagainya, Aron me yaksikan komitmen kepala desa, kadus dan perangkat desa Gonis Tekamendeklarasikan dirinya sebagau desa yang bebas buang air besar sembarangan (BBABS) dlanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama.(darno)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini