-->
    |

Bupati Akui Kehadiran CU Sangat Membantu Keuangan Masyarakat


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Bupati Sekadau Aron, SH meresmikan gedung kantor Credit Union (CU) Semandang Jaya, Rabu (22/11/2023) pagi.

Dalam Berbagainya Bupati memberikan penghargaan kepada lembaga keuangan credit union (CU) yang ada di kabupaten Sekadau termasuk CU Semandang Jaya.

Karena menurut Aron, kehadiran lembaga keuangan seperti CU di kabupaten Sekadau sangat membantu masyarakat dalam mengelola keuangan rumah tangga.

“Masyarakat bisa menabung dan melakukan pinjaman, artinya secara tidak langsung CU sudah berhasil mendidik masyarakat untuk mengelola keuangan rumah tangga,” kata Aron 

Ia merasa bangga dengan CU Semandang Jaya, karena mereka sudah memiliki gedung kantor baru di Sekadau, itu artinya mereka sudah mulai berkembang. 

Menurut Aron, CU harus mampu mengubah pola pikir masyarakat yang semula dari pola hidup konsumtif menjadi pola pikir berkembang.

" Contohnya pinjam uang ke CU untuk membeli barang seperti mobil dan seperti motor, dalam segi ekonomi pola pikir seperti ini sangat tidak baik," katanya.

Sebab lebih lanjut dia, harga kendaraan semakin tahun semakin turun, beda dengan harga tanah, semakin tahun semakin naik, untuk itu jika CU benar-benar ingin mendidik masyarakat sebaiknya spektrum ketika hendak mencairkan pinjaman, agar tidak menjadi beban hutang di kemudian hari karena pinjaman yang bersifat konsumtif.

"Beda kalau pinjam ke CU untuk tanam Kelapa Sawit, nanti ada hasil untuk nyicil pinjaman," ingatnya.

Di tempat yang sama ST. Emanuel, kepala Dinas Koprasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan kabupaten Sekadau dalam Berbagainya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus dan pegawai CU Semandang Jaya atas peresmian kantor baru.

Di akui Kadis, bahwa kehadiran CU sudah membantu pemerintah dalam hal meningkatkan perekonomian masyarakat.Kedepan ia berharap agar CU tidak hanya bergerak di sektor simpan pinjam saja, tetapi lebih kepada pembinaan anggota untuk bergerak di UMKM. Sebab, di kabupaten Sekadau sudah terdapat tempat untuk menampung hasil produksi UMKM.

“Saya berharap agar CU lebih mendorong anggotanya untuk bergerak di bidang UMKM,” pesan Kadis.

Agar kedepannya muncul para usahawan UMKM baru dari anggota CU, apalagi lebih lanjut dia, saat ini dikabupaten Sekadau sudah ada 203 Koperasi yang aktif, 12 di antaranya bergerak di sektor simpan pinjam, dan untuk CU sudah ada 10 yang memiliki kantor perwakilan di kabupaten Sekadau. 

“Jika semuanya bisa mendorong lahirnya UMKM maka saya yakin kabupaten Sekadau akan menjadi pusat produk UMKM terbesar di Kalbar,” katanya.

Hadir pada acara tersebut, Kadis lingkungan hidup, Apeng Petrus, Polsek Sekadau hilir, Danramil Sekadau hilir, Sekretaris kecamatan Yustinus, para Pengurus CU serta para undangan lainnya.(tim/darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini