-->
    |

DKP3 Sekadau Gandeng Solidaridad Gelar Sosialisasi E-STDB


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dinas ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan kabupaten Sekadau melalui Bidang Perkebunan mengelar acara sosialisasi E-STDB yang berlangsung di Aula SMK Amaliyah Sekadau Selasa (28/11) 2023.

Sosialisasi E-STDB terlaksana atas kerjasama antara Pemkab Sekadau dengan Solidaridad Indonesia.

Adapun peserta terdiri dari ketua dan pengurus Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) kabupaten Sekadau, ketua APKS KK dan sejumlah pengurus KUD perkebunan kelapa sawit di kabupaten Sekadau.

Kepala seksi pengendalaian mutu hasil produksi perkebunan bidang perkebunan DKP3 kabupaten Sekadau Paulus Rimus S.IP dalam sambutan pembukanya menjelaskan, bahwa surat tanda daftar budidaya (STDB) bukanlah merupakan perijinan perkebunan, tapi STDB hanya di peruntukan bagi petani swadaya yang memiliki luas lahan di bawah 25 Ha kata Rimus. 

STDB merupakan amanat UU nomor 20 tahun 2022 Tentang Cipta kerja yang mewajibkan semua petani swadaya wajib memiliki STDB.

STDB juga merupakan salah satu syarat untuk mengikuti sertifikasi ISPO maupun RSPO terangnya.

Rimus berhrap, dengan mengikuti pelatihan ini para ketua dan pengurus KUD dapat mentranspormasi teknologi digital ini kepada anggota petani masing - masing.

Untuk memudahkan pendagtaran dan mendapatkan E-STDB, peserta wajib memiliki akun email dengan pasword tertentu yang mudah di ingat dan terdaftar di dinas DKP3 sehingga dapat digunakan lebih dari satu orang sesama anggota pada kelompok tani tersebut jelasnya.

Setelah memiliki akun Email E-STDB, penguna harus masuk ke data mitigasi dan migrasi sesuai dengan wilayah kerja masing - masing kelompok tani.

Untuk mempermudah pemahaman peserta pelatihan di pandu oleh pemateri untuk membuat, mengunakan dan mengisi formulir sesuai dengan kode wilayah dimana kebun petani berada.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini