|



Nasionalisme & Cinta Tanah Air, Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Upacara Hari Pahlawan 2023

 


Karang Intan,Kapuasrayatoday.com  - Hari Pahlawan merupakan momentum untuk menghormati jasa jasa para pahlawan nasional yang telah berjuang melawan penjajah demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan diperingati setiap tanggal 10 November.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 di Lapangan Upacara dalam, Jum'at (10/11). Upacara melibatkan seluruh Petugas dan ratusan Warga Binaan dari perwakilan blok hunian ini untuk semakin meumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air khususnya di lingkungan Lapas Narkotika Karang Intan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara mewakili Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana, Rahmat Pijati, Dirinya membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2023.

"Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema 'semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan'. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modem yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral," ujar Rahmat, bacakan sambutan.

Tantangan sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Ancaman dan tantangan ini akan ditaklukkan berbekal semangat seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

"Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan sambungnya.

Semangat berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945, menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita," pungkasnya akhiri sambutan.

Pelaksanaan upacara Hari Pahlawan 2023 yang digelar Lapas Narkotika Karang Intan berlangsung khidmat dan lancar hingga akhir kegiatan.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini