-->
    |

Bawaslu Sanggau Deklarasi Pemilu Tertib Bersama Peserta Pemilu

Foto: Kegiatan Deklarasi Tertib Bawaslu Sanggau Bersama Peserta Pemilu

Sanggau.kapuasrayatoday.com- Penandatanganan Deklarasi Pemilu Tertib yang diprakarsai oleh Bawaslu Sanggau dilaksanakan di Aula Hotel Grand Narita menghadirkan seluruh elemen dari partai politik peserta Pemilu maupun jajaran instansi pengawas, Jum'at (8/11/2023).

Ketua Bawaslu Sanggau Septiana Ika Kristia dalam sambutannya berharap segenap jajaran dari berbagai pihak bisa bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan keamanan dan ketertiban menjelang dan selama Pemilu tahun 2024 nanti. 

"Terdapat beberapa permasalahan seperti munculnya berita hoaks yang menyerang pihak-pihak tertentu, isu SARA, maupun isu politik identitas, yang berpotensi dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa."

Oleh karena itu untuk menjaga kantibmas tetap kondusif menjelang Pemilu tahun 2024 diperlukan upaya kolaboratif yang komperhensif dari berbagai pihak. tegasnya.

Pada kesempatan pertama, penandatanganan Deklarasi dilakukan perwakilan 16 (enam belas) LO partai politik kemudian diikuti oleh Ketua dan Anggota Bawaslu, Ketua Panwascam Se-Kabupaten Sanggau.

Saparudin Anggota Bawaslu Sanggau menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa lima tahun kedepan. Sementara tahapan kampanye sudah berjalan. 

“Jadwal dan tahapan pemilu 2024 telah ditetapkan, sudah memasuki tahapan kampanye,” tambahnya. Dalam tahapan kampanye ini, perlu adanya langkah antisipasi terhadap berbagai kerawanan yang ditimbulkan. Guna mewujudkan pelaksanaan kampanye yang aman, tertib damai dan berintegritas maka Bawaslu Sanggau menggelar deklarasi pemilu tertib.

“Penting adanya deklarasi dan komitmen yang kuat. Yang mana di dalamnya juga diikuti oleh segenap pihak seperti LO partai politik, pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta seluruh stakeholder terkait,” tambahnya.

Tujuan dari penyelanggaraan deklarasi ini lanjut Sapar yakni menyukseskan Pemilu serentak 2024. Serta mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. “Juga mewujudkan kampanye Pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, bebas dari hoaks, politisasi SARA dan politik uang,” tegasnya.

“Saya harapkan dengan deklarasi ini pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 di Sanggau akan berlangsung dengan damai, lancar, aman dan tertib sesuai yang kita harapkan bersama,” tambahnya. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini