-->
    |

Waspada Bencana, Kodim Sanggau Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor Tahun 2023/2024.

Foto: Kodim Sanggau Apel Persiapan Mengantisipaai Banjir Dan Tanah Longsor

Sanggau.kapuasrayatoday.com- Komandan Kodim 1204/Sanggau Yang di wakili Danramil 1204-21/Entikong Mayor Arm Dulloh dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi bencana alam banjir dan tanah longsor ( Batingsor) Tahun 2023/2024. di Halaman Makodim Sanggau. Rabu (27/12/2023)

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danramil 1204-/Sekayam Mayor Inf Asep Trisman. Kasi Hukum Polres Sanggau AKP Efendi, SH. Kasubag Umum dan Kepegawaian Damkar Sanggau Ade Ali Sadikin, S.Ap. Ketua Tim TRC BPBD Kab. Sanggau Bpk. Tridibyo. Para Pasi Kodim 1204/Sanggau. Para Danramil Jajaran Kodim 1204/Sanggau.

Usai mengikuti Apel, Komandan Kodim 1204/Sanggau Yang di wakili Danramil 1204-21/Entikong Mayor Arm Dulloh menjelaskan “tujuan diadakan Apel tersebut sebagai bentuk bersiap diri menghadapi kedaruratan bencana. Selain itu juga meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana serta menciptakan budaya aman dan mengurangi korban jiwa akibat bencana.” Ucapnya 

Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Mengenali daerah yang rawan terjadinya tanah longsor. Terutama di sekitar lereng yang curam. Jangan Bangun Pemukiman atau fasilitas di daerah yang rawan bencana terutama bencana tanah longsor. Menjaga Drainase Fungsi drainase adalah untuk menjauhkan air dari lereng, menghidari air meresap ke dalam lereng atau menguras air ke dalam lereng ke luar lereng. 

Lanjutnya Jadi drainase harus dijaga agar jangan sampai tersumbat atau meresapkan air ke dalam tanah
Membuat terasering dengan sistem drainase yang tepat. Drainase pada teras–teras dijaga jangan sampai menjadi jalan meresapkan air ke dalam tanah Penghijauan dengan tanaman yang sistem perakarannya dalam dan jarak tanam yang tepat. 

Hal ini untuk bisa menahan air sehingga bencana tanah longsor bisa di minimalisir. Jika ingin mendirikan bangunan, gunakan fondasi yang kuat. sehingga akan kokoh saat terjadi bencana Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air masuk secara cepat kedalam tanah. Pembuatan tanggul penahan untuk runtuhan batuan (rock fall).

Melihat dari sekarang ini sudah mulai musim penghujan kita ketahui banyak sekali wilayah kita pasti ada sungai atau bantaran sungai yang dimana mana nyatanya juga masih ada sampah dan lain lain, dengan begitu kita antisipasi jangan sampai kita terlambat untuk pencegahan terhadap bencana terutama, banjir dan tanah longsor dan lain sebagainya," Pungkasnya (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini