-->
    |

Bupati Sekadau Hadiri Natal Bersama dan Pengukuhan Pengurus Pakomo'an Binua Kanayan 2024.2027

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau, Aron SH pada Minggu (21/1) 2024 menghadiri acara Natal Bersama dan pengukuhan pengurus Pakomo'an Binua Kanayan periode 2024 - 2027.

Kegiatan tersebut meliputi Angota DPR RI Adrianus Asia Sidot, anggota DPD RI Maria Goreti, angota DPRD Provinsi Kalbar Usman, sekretaris DAD kabupaten Sekadau Isbianto, kadis Lingkungan Hidup kabupaten Sekadau Apeng Petrus dan sejumlah ketua paguyuban sub suku dayak se-Kabupaten Sekadau serta angota Pakomo' sebuah Kabupaten Binua Kanayan Sekadau.

Ketua Pakomo'an Binua Kanayan kabupaten Sekadau Francisco Wardianus atau yang akrab di sama Mejeng mengucapkan terima kasih kepada sebayadiri atas terpilih kembali dirinya sebagai ketua Pakomoan binua Kanayan periode 2024-2027.



Kepada semua angota Pakomo'an Mejeng berharap agar semua anggota Pakomo'an menjunjung tingi adat dan budaya setempat. Atau dengan istilah, dimana bumi di pijak, disitu langit di junjung tegas Mejeng.

Menjelang pelaksanaan pemilu 14 Februari mendatang Mejeng mengimbau agar semua anggota Pakomo'an menggunakan hak.pilihnya masing-masing untuk memilih calon Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota sesuai dengan hati nuraninya tutur Mejeng. Dia juga menyampaikan jika ada permasalahan apapun dengan siapapun, kita wajib menggunakan adat istiadat setempat. Nagi yang tingal di kampung orang, Mejeng berharap orang Dayak Kanayan menjadi agen perdamaian.

Sekretaris DAD kabupaten Sekadau Isbianto dalam Perayaannya memgucapkan terima kasih kepada pengurus Pakomo'an Binua Kanayan yang sudah berpartisipasi dalam semua kegiatan DAD kabupaten Sekadau, semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik kata Isbianto.

Kapolres Sekadau AKBP Dr. i Nyoman Sudama mengapresiasi kebersamaan masyarakat Sekadau. "Sekadau ini 

sudah terkenal dengan kedamaiannnya jadi, jika ada hal -hal kecil yang terjadi di tengah masyarakat jangan di kipas - kipas, jangan di propokasi kata Kapolres

“Kami sebagai Aparat Penegak Hukum siap mengamankan wilayah hukum di wilayah kabupaten Sekadau” ucap Kapolres.

Apabila ada kejadian - kejadian kecil, diselesaikan dengan baik harap Kapolres. Semoga kedepannya Sekadau semakin maju dan semakin jaya.

Usman kepada semua warga pokomoan binua kanayan agar selalu menjunjung tinggi adat dan budaya setempat atau dengan istilah kuno dimana bumi di pijak, disitu langit di junjung. 

Tokoh senior Pakomo'an Binua Kanayan Adrianus Asia Sidot menyampaikan, untuk mengubah nasib kita, satu - satunya jalan adalah pendidikan, kata Adrianus Asia Sidot.

Dia juga mengimbau agar semua angota Pakomo'an Binua Kanayan untuk menghormati adat dan budaya setempat, dimanapun kita tingal dia. Hal yang sama juga disampaikan angota BPD RI 

Maria Goreti. Dia tiba agar kita saling menghargai adat dan budaya dimanapun kita berada.

Bupati Sekadau Aron SH mengucapkan selamat kepada pengurus Pakomo'an Binua Kanayan kabupaten Sekadau. Terimakasih juga kepada Pengurus Pakomo'an Binua Kanayan yang selama inintelah banyak membantu pemerintah daerah dalam membangun kabupaten Sekadau yang kita cintai ini.

Menurut Aron menambahkan dalam adat istiadat, sebenarnya sangsi yang paling berat adalah sangsi sosialnya, karena pada jaman dahulu, jika dikampung ada yang terkena sangsi adat,terkadang menyisihkan diri dari warga lainnya. Namun seriring perkembangan jaman hukum adat seolah tidak memberikan sangsi sosial. Dihukum adat sekalipun dia tetap seperti biasa saja, oleh karena.itu mari.kita melestarikan budaya malu tutur Aron.

Memasuki tahun politik, Aron berharap mari kita dukung pemimpin yang kita dukung, namun jangan sampai karen berbeda pilihan kita jadi bermusuhan  Aron juga mengajak mari kita jaga situasi dan kondisi keamanan di selama proses pemilu di Sekadau pungkas Aron. Setelah Aron memberikan sambutannya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dam ramah tamah.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini