-->
    |

KPU Sekadau Gelar Simulasi Punggut Hitung Pemilu Serentak 2024

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Komisi Pemiluhan Umum (KPU) kabupaten Sekadau pada Senin (29/1) 2024 mengelar simulasi pungut hitung di Terminal Lawang Kuari Sekadau.

Kegiatan tersebut melibatkan PPK dan KPPS se kecamatan Sekadau hilir.

Ketua KPU Fransiskus Koman dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, simulasi pungut hitung yang dilaksanakan pada hari ini adalah yang kedua kalinya selama tahapan Pemilu serentak 2024. Simulasi pertama di laksanakan di kecamatan Nanga Taman pada bulan November 2023 yang lalu jelas F.Koman.

Lebih lanjut Koman menjelaskan,

Simulasi adalah kesiapan KPU dalam pelaksanaan pelimu 14/2/2024.

Tujuannya adalah untuk menyampaikan impormasi kepada seluruh lapisan masyarakat dimana saja berada.

Selain kesiapan paksanaan, kesiapan lainnya adalah siapnya logistik pemilu, (surat suara, kotak suara, dan pengepakan) dan pendistribusian sampai ke TPS sambungnya.

Sedangkan untuk kesiapan pelaksanaan, KPU sudah menyiapkan 4886 personil juga sudah siap sebagai petugas KPPS dan sudah di lantik, serta  Bimtek. Tujuan bimtek adalah untuk menjadikan angota KPPS siap bertugas lanjut F.Koman.

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu kabupaten Sekadau Marikun S.Sos,  untuk mengikuti simulasi ini, kami menurunkan tim pengawas di tingkat kecamatan dan desa di kecamatan se - kecamatan Sekadau hilir. Marikun menjelaskan, tugas pengawas adalah mengawasi proses pelaksanaan pemilu. Mulai dari tahapan hinga pelaksanaan pemungutan suara kata Marikun.  Untuk pengawas TPS Bawaslu sudah melantik 689 pengawas TPS atau 1 TPS satu pengawas ungkap Marikun.

Marikun menyatakan siap menurunkan Imdek Kerawanan Pemilu di kabupaten Sekadau yang saat ini berada pada peringkat 4 secara Nasional. Kami berharap selama proses hinga pelaksanaan pemilu parpol tidak ada yang membuat laporan ke bawaslu pungkas Marikun.

Mewakili Kapolres Sekadau Kabag OP Polres Sekadau Kompol Samsul Bakrei mengatakan untuk pengamanan pemilu  Pllolres Sekadau sudah melakukan beberapa kegiatan antara lain, kegiatan simulasi pengamana kota, oprasi mantap brata, dan Simulasi pengaman TPS. Dengan 689 TPS, pihaknya sudah melakukan pemetaan kerawanan pemilu yaitu 122 TPS dengan kategiri Kurang rawan, TPS rawan ada 224, dan sangat rawan ada 212. Intinya polres Aekadau siap mengamankan pemilu 2024 tegasnya. 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pungut hitung. (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini