-->
    |



Aron Hadiri Panen Padi Kolompok Tani Ensibau Bersatu

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SN didampingi ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron SP mengahdiri penen padi perdana kelompok tani Ensibau Bersatu Rabu (21/2) 2024 di Ensibau desa Bokak Sebumbun.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Plt kadis DKP3 Sandae, kadis LH Apeng Petrus, kadis BPS, Danramil Sekadau Hilir, perwakilan dari Polres Sekadau, Kades Bokak Sebumbun dan angota kelompok tani Ensibau Bersatu.

Kades Bokak Sebumbun Klemens Karya Panama mengatakan, kelompok tani Ensibau Bersatu adalah kelompok tani yang paling aktif dan potensial di desa Bokak Sebumbun. 

Untuk meningkatkan ketahanan pangan, desa Bokak Sebumbun sudah mengalokasikan angaran sebesar  20 persen dari Dana Desa (DD). 

Kedepan lanjut Kades dana tersebut akan kita alokasikan untuk pengadaan bibit dan pupuk untuk pertanian. 

Luas lokasi sawah di sekitar lokasi ini berkisar kurang lebih 60 hektare. Kedepan diharapkan bisa menjadi lumbung pangan di daerah sendiri. Kades berharap Pemkab bisa mengalokasikan pembangunan infrastruktur jalan menuju ke lokasi persawahan ini harap Kades.  

Plt Kadis DKP3 kabupaten Sekadau Sandae menyebutkan, kalau kita berbicara masalah pangan,ini merupakan isu strategis nasional, 

Beberapa negara pengekspor beras saat ini sedang mempertahankan stabilitas pangan di negaranya masing - masing. Untuk itu kita juga harus  mempertahankan pangan didaerah kita sendiri.

Sandae berharap para petani untuk

Mengelola lahan tidur kita yang belum disentuh sama sekali untuk dikelola agar kita bisa panen setiap hari dan kita tidak kekurangan beras kata Sandai

Ditempat yang sama,bupati Sekadau Aron SH mengapresiasi dan berterima kasih kepada petugas PPL kita yang telah membimbing petani hinga hari Ini kita bisa panen bersama. Ini adalah keberhasilnya kerja kita bersama kata Aron.

Aron berharap kedepan semua potensi yang ada di wilayah kita dapat kita kelola secara maksimal agar hidup kita sejahtera. Jangan lagi seperti dulu, 

ukuran sejahtera masa lalu masyarakat kita adalah ketika stok beras mereka terpenuhi.(Padi di.lumbung banyak). Sekarang tidak seperti itu lagi.ucap Aron.

IP3K adalah Imfrastruktur, Perkebunan, Pertanian,dan Perikanan untuk kesejahteraan masyarakat ini adalah program ungulan kita ujar Aron.

Aron menjelaskan inprastruktur merupakan akses utama masyarakat sehingga menjadi prioritas utama. Kepada pak kadis tolong dibuatkan plot kelompok mana saja yang aktif dan daerahnya mempunyai potensi sehinga jika memberikan bantuan, manfaatnya jelas pungkas Aron.

Kegiatan dilanjutkan dengan panen padi perdana kelompok tani Ensibau Bersatu. (dar)  

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini