-->
    |



Koramil 1205-03/Kerungau Hilir Sosialisasikan Ketahanan Pangan Di Desa Tanjung Baung


 Sintang,Kapuasrayatoday.com - 

Koramil 1205 - 03 /Ketungau Hilir melaksanakan kegiatan Sosialisasi Ketahanan Pangan lahan Kedua,di Desa Tanjung Baung Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang dengan rencana kegiatan tanam Jagung jenis Bisi 18 seluas 5 ha. Kamis,  21/03/2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil Ketungau Hilir Peltu Suki Widodo, Babinsa Serda,Sudirman, Menejer SPM CU. Keling Kumang Elip dan ibu Ria beserta staf, Kades Tanjung Baung Ibu Herawati Aha  beserta stap. Ketua BPD desa Tanjung Baung Toto beserta anggota dan Kelompok tani desa Tanjung Baung.

Dalam kesempatan tersebut Danramil Ketungau Hilir  Peltu Suki Widodo sebagai pemakarsa kegiatan  Ketahanan Pangan ini menyampaikan,  Kegiatan ini direncanakan untuk meningkatkan ketahanan pangan guna meningkatkan ekonomi masyarakat,  dengan pemanfaatan lahan tidur dan menggunakan sistem tanam tumpang sari disela-sela sawit yang masih kecil.

Sebagai pemrakarsa, Danramil Kerungau Hilir  melakukan pelatihan, dan pendampingan bagi para kelompok tani.

Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama antara Koramil 1205-03/ Ketungau Hilir, CU Keling Kumang, Pihak Desa, Kelompok Tani  dan juga pihak perusahaan terdekat. Untuk itu kami juga memohon dukungan dari pihak Kecamatan Ketungau Hilir kata Peltu Suki Widodo.

Danramil  Ketungau Hilir Peltu Suki Widodo menambahkan, "Kegiatan ini bukan asal menanam saja, target akhirnya nanti adalah hasil. Untuk itu kami pihak Koramil dan CU. Keling Kumang akan memberikan pembinaan secara gratis tetang SOP Penanaman Jagung, Padi dan tanaman lainya.

Perlu di sampaikan bahwa hasil panen nantinya akan dibeli langsung oleh  pihak CU. Keling Kumang.  Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir bila panen nanti jagung tidak terjual". Kata Danramil.

Peltu Suki Widodo juga menambahkan, "Program ketahanan pangan ini akan terus kami laksanakan dan kembangkan ke Desa-desa lain. Dalam waktu dekat ini, rencananya kami akan menyasar ke Desa Baung Sengatap.

Kades Tanjung Baung Herawati Aha  juga menyampaikan ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini, "Terima kasih kepada semua pihak yang terlaksananya kegiatan ini, terkusus bapak Danramil dan anggota yang telah membuat ide ketahanan pangan di desa kami. Kami juga  berterima kasih kepada pihak CU. Keling Kumang yang sudah hadir di desa kami untuk membantu masyarakat kami dalam pembinaan pertanian. Dan perlu saya sampaikan,  Sebelumnya Pak Danramil juga sudah mensuport kami desa Tanjung Baung   untuk mensukseskan dan menjaga inflasi pangan dengan memberikan bantuan bibit Cabe. Terima kasih pak Danramil.  Sebutnya.

"Dengan demikian saya sebagai Kepala Desa Tanjung Baung mohon do'a restu dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana dan sukses untuk mensejahterakan masyarakat kami". Tutupnya.

Ibu Ria dari pihak CUKK juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama dari semua pihak. "Betul kami dan Koramil akan mengawal kegiatan ini dengan memberikan bimbingan secara teknis sampai panen.  Kami pihak CUKK juga bersedia bilamana setelah kegiatan berjalan masyarakat perlu dana untuk pengadaan bibit, pupuk dan herbisida bisa diproses, dan bayar kalau hasil panen sudah terjual. Tutupnya.(rilis/S.Widodo/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini