|

Kopbun Piansak Mandiri Bimbingan PT.AN Dampingi SPKS Gelar RAT Ke 3 TB 2023

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Koperasi perkebunan (Kopbun) Piansak Mandiri desa Setawar mengelar rapat angota tahunan (RAT) tahun buku 2023 yang berlangsung di langkau Penogok Rimba Engkulong desa Setawar Jumat (5/4) 2024.

Adapun tema RAT Kopbun Piansak Mandiri mengambil tema "Kami Petani, Kami Penjaga Hutan Menuju Sawit Berkelanjutan".

Ketua pengurus Kopbun Piansak Mandiri Nasarius Kem mengatakan, jumlah angota Kopbun Piansak Mandiei terdiri dari 58 anggota dengan luas kebun 120 Ha dengan hasil produksi 410 ton selama tahun 2023.

Kopbun Piansak Mandiri berdiri atas inisiasi dari Serikat Petani Kelapa Sawit  (SPKS) kabupaten Sekadau dan untuk teknis kebun di bimbing dan bekerja sama dengan PT.Agro Andalan kata Nasarius Kem.

Nasarius Kem menambahkan, untuk akses penjualan TBS, Kopbun Piansak Mandiri sudah mengunakan data pengiriman buah (DTB) Kopbun dan dijual langsung ke PKS 8 milik PT Agro Andalan terang Nasarius Kem.

"Untuk penjualan TBS kami sudah langsung ke PKS 8 milik PT.Agro Andalan tanpa melalui tengkulak" tutur Nasarius Kem. 

Ketua bidang Organisasi SPKS kabupaten Sekadau Sudarno dalam sambutannya mengatakan bahwa Kopbun Piansak Mandiri adalah salah satu Kopbun yang berdiri atas inisiasi SPKS kabupaten Sekadau, dan sampai saat ini SPKS sudah berhasi mengantarkan Kopbun Persada Engkersik Lestari (PEL) mendapatkan sertifikasi Indonesia Suataneble Paml Oil (ISPO) pertama di Kalbar dan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Kedepan, SPKS juga akan mendorong beberapa Kopbun untuk diajukan agar mendapatkan sertifikasi ISPO maupun RSPO.

Kepala dinas koperasi UKM dan Transmigrasi kabupaten Sekadau  St.Emanuel S.KM mengapresiasi Kopbun Piansak Mandiri atas pelaksanaan RAT ini. Ini menunjukan bahwa Kopbun Piansak Mandiri sudah memenuhi perintah UU nomor 25 tahun 1992 tentang Koprasi kata Emanuel.

Ia menambahkan jumlah koperasi di kabupaten Sekadau mengalami pertumbuhan yang pesat terbukti pada tahun 2022 jumlah koperasi di kabupaten Sekadau ada 193 koperasi, dan pada tahun 2023 meningkat menjadi 203 koperasi. Dengan bertumbuhnya koperasi, kata Emanuel, pertumbuhan ekonomi kabupaten Sekadau juga mengalami pertumbuhan yang selaras dengan program Pemkab yaitu Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

Kegiatan tersebut dihadiri kadis Koperasi UKM dan jajaran, Babhinkamtibmas desa Setawar, Babinsa desa Setawar, perwakilan dari managemen PT.Agro Andalan, perwakilan dari SPKS kabupaten Sekadau dan para anggota Kopbun Piansak Mandiri. (dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini