|

DKP Pemprov Kalbar Luncurkan G Gemarikan Dan B2SA Di Sekadau

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat meluncurkan gerakan gemar makan ikan dalam rangka meningkatkan angka komsumsi ikan untuk penurunan stunting yang berlangsung di Betang Yout Senter Kamis (13/6) 2024.

Keguatan tersebut dibuka oleh Pj Ketua TP.PKK Provinsi Kalimantan Barat Ny.Windi Prihastari Harison.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Frans Zeno dalam laporan pembukaannya menyebutkan, pelaksana gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) merupakan upaya Pemprov untuk memasyarakatkan makan ikan. Karena angka komsumsi ikan di kalbar masih sangat rendah bila dibandingkan dengan angka komsumsi ikan secara nasional yaitu hanya rata 51 kg/ orang/ tahun kata pria berkaca mata yang pernah menjabat sebagai Pj bupati Sekadau tahun 2020 silam.

Dia menambahkan, dipilinya kabupaten Sekadau karena Sekadau berada sangat strategis di tengah-tengah Provinsi kalbar dan potensi ikan air tawar di Sekadau juga masih sangat besar terang Zeno.

Kegiatan ini juga akan di rangkai dengan membagian paket bubur ikan kepada peserta.yang telah di tunjuk dan lounching rumah pangan B2SA. (Beragan,Bergizi Seimbang dan Aman) pungkas Frans Zeno.

Mewakili bupati Sekadau, Plh Sekretaris Daerah kabupaten Sekadau Heronimus mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalbar yang telah memilih kabupaten Sekadau untuk Gemarikan dan meluncurkan B2SA kata Heronimus.

Dia menyebut, potensi ikan air tawar di Sekadau masih sangat besar.

Pj ketua PKK Provinsi Kalbar Ny. Windi Prihastari dalam Berbagai singkatnya mengatakan dipilihnya Sekadau untuk gerakan gemar makan ikan dan peluncuran rumah pangan B2SA adalah kerena Angka Stunting di kabupaten Sekadau merupakan terendah di Kalbar yaitu 12 persen. Sedangkan Provinsi Kalbar masih berada pada angka 24 persen kata Ny.Windi.

Hari ini bantuan lebih lanjut dia, juga akan diberikan 10 paket pencegahan stunting kepada kakak asuh stunting di Sekadau.



Ditempat yang sama, Ir Herti Herawati kepala dinas Ketahanan Pangan Pemprov Kalbar menyebut, ikan merupakan daging dengan tekstur paling lembut dan memiliki protein paling tingi agar anak - anak gemar makan ikan. Untuk itu, kita juga harus mengakampanyekan gemar makan ikan dengan berbagai metode kepada anak - anak kata Herawat.

Keguatan tersebut di lanjutkan dengan pembagian paket Stunting kepada kakak asuh, dan demo memasak ikan oleh Ny.Windi Trihapsari Harison.

Kegiatan tersebut dihadiri ketua TP.PKK kabulaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawati Aron SP. Ketua GOW kabupaten Sekadau Ny.Wiwin Atriana Subandrio S.Sos, Kejadi Sekadau, Pabung Kodim 1204 Sanggau, dan sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadu serta tamu undangan lainnya.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini