|

FKUB Sekadau Gelar Dialog Kerukunan Lintas Agama

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau yang diwakili.oleh staf ahli bupati membuka secara resmi dialog kerukunan lintas agama dengan tema "Sinergi Merawat Kerukunan Umat Beragama Untuk Mewujudkan Kabupaten Sekadau Yang Maju, Aejahtera dan Bermartabat".yang berlanhsung di aula lantai II gedung UMKM di jalan Merdeka Sekadau Kamis (6/6) 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Stah Ahli bupati, Kepala kantor agama kabupaten Sekadau Syahrul S.Ag, ketua FKUB Paulus Lion, Kapolres Sekadau AKBP I.Nyoman Sudama, Kejari Sekadau Adyantana Meru Herlambang SH.MH, para tokoh lintas agama, lintas Ormas dan lintas suku se-kabupaten Sekadau.

Ketua FKUB kabupaten Sekadau Paulus Lion dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk penyambung silaturahmi serta bertatap muka lintas agama, hal ini dianggap sangat penting ditengah perbedaan suku dan agama yang ada di kabupaten Sekadau.

Paulus Lion juga mengatakan, untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama perlunya pendidikan sejak dini kepada anak-anak dirumah

Selain itu, peran wanita juga penting untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kata Lion.

"Pendidikan toleransi harus ditanam sejak dini, untuk itu peran ibu-ibu cukup penting untuk menanamkan pemahaman toleransi kepada anaknya," Ujar Paulus Lion 

Hal ini, kata Lion, selaras dengan tema yang diangkat yakni Sinergi Merawat Kerukunan Umat Beragama Untuk Mewujudkan Kabupaten Sekadau Yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat

Sebagai Narasumber Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama dalam paparannya mengatakan Kabupaten Sekadau saat ini dalam kondisi yang sangat kondusif dalam hal keberagaman, namun bila tidak dirawat tentu ini juga rentan terhadap gangguan kata Kapolres.

Kejari Sekadau Adyantana Meru Herlambang, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwa dibentuknya Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) bertujuan untuk memerihara kerukunan umat beragama karena masalah keagamaan menjadi sangat sensitip jika kita kurang melakukan komunikasi kata Kejari.

Ditempat yang sama Kepala kantor kemenrian Agama kabupaten Sekadau Syahrul S.Ag mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk memperkuat sinergisitas kerukunan antar umat beragama. Sebab tugas kemenag adalah merangkul semua agama yang ada katanya.

Dia berharap kita semua bisa menjaga kerukunan umat beragama dalam balutan rasa persaudaraan kita katanya. 

Selain itu kita juga harus saling menghargai dan menerima perbedaan yang ada dalam masyarakat untuk  menjaga kerukunan umat kita pungkasnya. (dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini