|

Antisipasi Krisis Pangan, Aron Minta Kades Data Lahan Pertanian Untuk Di Tanam Padi

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Untuk mengantisifikasi krisis pangan secara global, Bupati Sekadau Aron SH meminta kepala desa untuk melakukan lendataan lahan pertanian masyarakat terutama lahan sawah untuk ditanami padi.

Hal tersebut disampaikan bupati pada beberapa kesempatan termasuk saat meluncurkan peningkatan jalan di Desa Tapang Semadak Rabu 3 Juli 2024 kemarin. 

Bupati mengatakan, untuk mengantisioasi krisis pangan global, Pemerintah pusat telah menginstruksikan kepada pemkab untuk melakukan gerakan pangan dengan melakukan pendataan lahan pertanian masyarakat untuk ditanami padi, jagung maupun ubi/singkong kata Aron.

Hal tersebut dilakukan karena saat ini semua negara yang dulunya pengekspor beras ke Indonesia seperti India, Vietnam maupun Thailand sekarang menjadi negara - negara yang menghentikan ekspor. Hasilnya, laporannya hanya untuk stok makanan di negeri itu saja, kata Aron.

Krisis pangan lanjuta Aron disebabkan banyak faktor antara lain karena faktor cuaca yang tidak menentu, dan sulit di prediksi.

"Cuaca sekarang sudah tidak menentu, kalau panas ya, panik sekali, kalau hujan atau hujan terus-menerus, jadi tidak bisa di prediksi" ucap Aron.

Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang melakukan kajian bersama TNI untuk melakukan gerakan pangan.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini