|

Bupati Sintang Jarot Winarno Resmikan PKS Mini Poktan Tuah Telaga

 Sintang, Kapuasrayatoday.com - 


Sintang, Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan Pabrik kelapa sawit mini milik Poktan Tuah Telaga desa Telaga Dua kecamatan Binjai Hulu kabupaten Sintang Senin (1/7) 2024.

Kepala Desa Telaga Dua Yustus Laud M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan Bupati Sintang Jarot Winarno ke Desa Telaga Dua meresmikan PKS milik Poktan Tuah Telaga ini merupakan suatu kehormatan dan bersejarah bagi Desa Telaga Dua kata Laud.

Kehadiran PKS ini juga merupakan impian masyarakat Desa Telaga Dua yang hidup sebagai petani sawit swadaya. 

Kehadiran PKS ini diharapkan mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi 187 petani swadaya yang mengatungkan hidupnya dari bertani kelapa sawit sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat tambah baik.

Kedepan sambung Laud, selain meningkatkan kapasitas produksi, jenis produksi juga akan kita tingkatkan produksinya menjadi minyak goreng sebagai produksi UMKM.

Laud berharap, mudah-mudahan Desa Telaga Dua bisa menjadi contoh bagi 397 desa di kabupaten Sintang.

Di tempat yang sama, Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) nasional Sabarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa mini PKS milik Koptan Tuah Telaga ini menjadi impian semua petani swadaya di Indonesia.

"PKS ini akan menjadi model dan percontohan proyek bagi kami di SPKS Nasional," terang Sabarudin.

Sabarudin menambahkan, saat ini masalah yang dihadapi oleh petani swadaya di seluruh Indonesia hampir sama, dimana petani masih menjual TBS-nya melalui tengkulak. 

Sementara itu, Bupati Sintang dr.H.Jarot Winarno yang didaulat untuk meresmikan Pabrik mini Kelapa Sawit Poktan Tuah Telaga mengucapkan selamat dan sukses kepada Poktan Tuah Telaga dan Desa Telaga Dua yang pada hari ini telah memiliki Pabrik kelapa sawit mini. Ini merupakan Poktan pertama di kabupaten Sintang yang memiliki pabrik mini kata Jarot.



Ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah daerah kepada petani kelapa sawit yang disebut Jarot.

Kebun kelapa sawit lanjut Jarot, ada hasil jika dikelola dengan baik dan ada pabrik. Sebab saat ini sebagian besar bahan kebutuhan manusia berbahan dasar kelapa sawit antara lain seperti minyak goreng, mentega, sabun mandi, maupun kosmetik.

Jarot berharap Poktan Tuah Telaga bisa memaksimalkan pabrik ini dan menjasi.pelopor bagi desa - desa lainnya di kabupaten Sintang pungkas Jarot.

Usai memberikan ucapan selamat, Jarot meresmikan mini PkS Poktan Tuah Telaga dengan menandatangani berita acara pereamian dilanjutkan dengan peninjauan di sekitar pabrik mini.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini