|

Pemkab Sekadau Resmi Miliki Dinas Pemadam Kebakaran

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Setelah resmi pisah dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), kini Pemerintah Daerah kabupaten Sekadau resmi memiliki dinas baru yaitu Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) atau DAMKAR.

Dinas yang di pimpin Eko Sulistio ini secara khusus menganani masalah kebakaran; seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ataupun Musibah kebakaran lainnya.

Eko Sulistio menjelaskan, meski baru terbentuk, dinas yang dipimpinnya sudah memiliki armada pemadam yang cukup mumpuni, seperti truck Tengki, mesin Robin dan peralatan pendukung lainnya.

Selain memiliki sarana pendukung  enam (6) personil Damkar juga sudah memiliki kualifikasi khusus kata Eko Sulastio saat dihubungi melalui pesan singkat Selasa (9/7) 2024 siang.

"Enam Anggota Damkar yang memiliki Sertifikat Diklat

1. Lamat, S.M. 2. Sabri. 3. Roni Saputra

4. Abang Hardiman, 5. Mikael Aspandi dan 6. Syapriadi Semuanya sudah mengikuti diklat damkar" tulis Eko Sulistio kepada redaksi media ini Selasa 9 Juli 2024.

Eko berpesan, bagi masyarakat yang hendak meningalkan rumah, tempati penerangan trsdisional atau anti  nyamuk bakar pada tempat yang aman, sediakan alat pemadam seperti kain  basah, alat pemadam api ringan (APAR), serta rawatlah kompor Gas dengan baik dan hindari kebocoran pada tabung gas kata Eko.

Untuk menghindari kebakaran Eko Sulistio meminta agar masyarakay menghindari pasangan stop.kontak listrik secara bertumpuk, jangan meningalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa pengawasan.

Jika terjadi kebakaran lanjut Eko Sulistok lakukan langkah sederhana seperti : Padamkan api dengan alat seadanya, matikan arus listrik, jauhkan benda yang mudah terbakar dan segera hubungi Dinas Kebakaran kabupaten Sekadau dengan menghubungi call senter di nomor 08115661660, atau 085243031670 dan atau (0564) 41660 pungkas Eko Sulistio..(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini