-->
    |

Tiada Open House, Wali Kota Rayakan Lebaran Secara Sederhana di Rumah

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama istri saat Lebaran Hari Pertama. (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak, Kapuasrayatoday.com - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri tahun ini di kediaman dinas Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono tanpa menggelar open house.

Lebaran di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini dirayakan secara sederhana bersama keluarga di rumah dinas Jalan Abdurrahman Saleh Pontianak.

Edi bersama keluarga melaksanakan Salat Ied berjamaah di rumah. Usai salat, dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan dengan keluarga, Minggu (24/5/2020) kemarin.

Di meja makan sudah siap menu hidangan favorit lebaran Wali Kota, yakni gudeg dan gulai kambing. "Dua menu ini merupakan menu wajib di rumah dan menjadi makanan favorit saya saat lebaran," ujar Edi.

Tak hanya kedua menu favorit itu, menu ketupat, opor ayam, rendang dan bakso juga menjadi pelengkap hidangan perayaan lebaran di kediaman dinasnya.

Menurutnya, lebaran tahun ini memang berbeda dari biasanya karena dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19. Semua aktivitas dilakukan di rumah, mulai dari Salat Ied hingga silaturahmi melalui jarak jauh memanfaatkan teknologi.

Dengan demikian ia bersama keluarga besar tetap bisa bersilaturahmi dan saling memaafkan meskipun tidak bertemu langsung dengan kerabat dan sanak saudara. "Silaturahmi kita lakukan lewat video call, video conference dan chattingan di jejaring media sosial," ungkapnya.

Edi menambahkan, meniadakan open house sebagai upaya menerapkan physical distancing di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian, kata dia, bukan berarti tidak bisa saling silaturahmi satu sama lain.

Silaturahmi tetap bisa dilakukan dengan cara berbeda, yakni digantikan secara virtual. "Apalagi era digital sekarang ini hal itu sangat mudah dilakukan oleh siapa saja," tuturnya.

Diakuinya, suasana lebaran Idul Fitri tahun ini memang tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Namun, momentum Idul Fitri ini dirinya berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga aktivitas berjalan normal kembali.

Edi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan Covid-19. "Rajin mencuci tangan, kenakan masker ketika keluar rumah, jaga jarak dan hindari keramaian," pungkasnya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini