|



Los Angeles Indonesian Film Festival: Garap Film di Era Pandemi Banyak “Keribetannya”

Joko Anwar (kanan) saat berbicara di ajang Los Angeles Indonesian Film Festival 2020 (foto: VOA)
Kapuasrayatoday.com - Terus meluasnya perebakan pandemi virus corona atau Covid-19 menimbulkan dampak ke seluruh bidang, termasuk industri film. Berbagai produksi film terhambat dan sebagian besar bioskop di seluruh dunia terpaksa tutup.

Menurut situs hiburan, Hollywood Reporter, pendapatan dari penjualan tiket film dunia pada pertengahan Maret turun sekitar $ 7 miliar atau setara dengan Rp 103 triliun.Hal ini antara lain karena penutupan bioskop di China, yang lalu disusul oleh penutupan bioskop-bioskop di seluruh dunia.

Padahal, sebelum pandemi, situs World Economic Forum menyebutkan, pendapatan dari penjualan tiket film secara global pada tahun 2019, berhasil mencatat rekor, yaitu $ 42 miliar atau setara dengan Rp 620 triliun.

Ketika sebagian negara memasuki era kelaziman baru atau “new normal,” pelaku industri film juga berusaha bangkit, beradaptasi, dan mencari beragam cara baru agar roda industri ini terus berputar.

Inilah yang belum lama ini menjadi salah satu topik pembahasan utama dalam rangkaian diskusi di ajang tahunan Los Angeles Indonesian Film Festival (LAIFF), yang salah satunya mengangkat tema “The Future of Daily Life on Movie Sets” atau masa depan kehidupan sehari-hari di lokasi syuting film.

“Pada saat mulai proses lockdown dan sebagainya, aku sempat berbicara dengan beberapa sineas, (termasuk) sineas yang di Indonesia juga. ‘Gimana nih, istilahnya, proses syuting bakal seperti apa sih?’ Nah, jadi dari situlah terpikir kita tuh satu tim gimana ya caranya kita membuat sebuah diskusi,” jelas Endah Redjeki, pencetus dari LAIFF yang berdomisili di Los Angeles, California.

Diskusi dalam bahasa Inggris ini berhasil menarik perhatian para pecinta dan pelaku di industri film, yang menonton secara virtual dari berbagai negara, melalui berbagai platform di media sosial.

“(Para penonton) surprise sekali bahwa materi yang kita sampaikan itu memang adalah materi yang cukup sangat edukatif, terutama untuk filmmaker, bagaimana mereka mempersiapkan proses produksi sebuah film nantinya, karena ada masa pandemi ini,” jelas Endah.

Diskusi padat berdurasi satu jam ini menampilkan tokoh-tokoh kenamaan di bidang film, seperti sutradara Ernest Prakasa, Joko anwar, dan Riri Riza, serta produser sekaligus kepala dari IDN Pictures, Susanti Dewi, juga Scott Sakamoto, Story/Community Relations Production Supervisor untuk Walt Disney Animation Studios di California.

“Dari segi line-up, sangat komplit ya, dari yang produser, sutradara, bahkan ada nara sumber yang dari Disney juga bisa ngasih insights atau wawasan yang kita nggak tahu gitu, jadi semoga bermanfaat ya buat orang-orang yang menyimak,” kata Ernest Prakasa kepada VOA saat ditanya mengenai acara ini.

Memasuki tahun ketujuh, acara LAIFF kali ini memang lain dari biasanya, di mana pelaksanaannya dilakukan oleh tim yang berada di dua negara yang berbeda, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.

“Acaranya dan panelisnya sungguh luar biasa,” ujar Scott Sakamoto saat diwawancara oleh VOA.

Kesulitan Sineas di Tengah Pandemi

Sebagai pekerja kreatif, salah satu hal yang cukup menantang Ernest Prakasa adalah ketika berhadapan dengan “mood” alias suasana hati, di tengah era yang penuh ketidakpastian ini. Apalagi ketika dituntut untuk tetap produktif.

“Misalnya, kayak nulis skenario gitu atau create content. Yang paling berat itu adalah “mood” sih, karena kita dalam keadaan yang cukup tertekan sebenarnya, mentally we’re not okay,” tambah sutradara kelahiran tahun 1982 ini.
Sebagai seniman di industri animasi, pekerjaan Scott Sakamoto, tidak begitu terdampak oleh pandemi, mengingat hampir seluruh proyeknya bisa dikerjakan menggunakan komputer dari rumah masing-masing. Namun, tentu saja ada kebiasaan-kebiasaan yang hilang, salah satunya saat harus berdiskusi dengan sesama.

“Salah satu tantangan yang kita hadapi di bagian penulisan cerita adalah, (ada) ruangan yang menjadi tempat berkreasi dimana kita bertukar pikiran dan merasakan energi dari masing-masing orang. Dan ketika (mendengarkan) dari layar (lewat virtual), energinya berbeda dan sedikit melelahkan,” jelas Scott Sakamoto yang kini tengah terlibat dalam penggarapan film “Raya and the Last Dragon” ini.

Agar komunitas tetap terjalin, pihak Walt Disney Animation Studios meminta kepada para karyawannya untuk menyalakan kamera mereka di setiap akhir pertemuan, agar bisa saling memandang wajah satu sama lain.

“Banyak sekali orang (yang bekerja) di gedung kami dan (kini) kami jarang melihat wajah satu sama lain yang biasanya selalu kami lihat setiap harinya. Jadi momen itu menjadi waktu untuk melihat satu sama lain dan merasakan kembali adanya komunitas,” kata Scott Sakamoto.

Syuting di Era Pandemi “Keribetannya Banyak”

Selain mengenai tantangan, diskusi LAIFF kali ini juga membahas berbagai elemen dalam produksi, seperti proses syuting, protokol kesehatan, dan juga masalah anggaran di era pandemi.

Melalui acara ini Joko Anwar bercerita mengenai tiga proyek filmnya yang sempat tertunda karena pandemi. Dua diantaranya adalah film superhero dari Bumi Langit Cinematic Universe, di mana ia menjadi salah satu produsernya.

“Kami berhenti kerja sekitar awal Maret atau akhir februari, tapi sekarang sudah dilanjutkan tanggal 1 Juli dan akan masuk proses syuting. Tapi, dua film lainnya yang saya produseri tidak akan lanjut hingga Oktober untuk tahap pra produksi,” kata Joko Anwar.

Ernest Prakasa sendiri kini tengah mempersiapkan proses syuting serial terbarunya yang diadaptasi dari film terakhirnya yang berjudul “Imperfect: Karir, Cinta, & Timbangan,” yang akan dirilis melalui layanan streaming. Proses syuting rencananya akan segera berlangsung bulan September mendatang. Menurut Ernest, “keribetannya banyak” dalam menggarap film di tengah pandemi.

“Dari segi tes (Covid-19), itu kita harus tes berkala. Seluruh kru yang terlibat, kayak misalnya kita mau syuting, (hingga 150-200 orang), itu semuanya harus ikut rapid test. Kemudian, (kalau) rapid test yang dilakukan kemudian hasilnya reaktif maka harus menjalankan swab test, bahkan rapid test ini dari sebelum syuting sih dari di masa prep seperti sekarang kita udah menjalankan lagi,” ujar sutradara film “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta dan Rangga” ini.

Walau sudah mematuhi protokol kesehatan, Ernest mengatakan tetap merasa waswas, mengingat pandemi belum berakhir dan jumlah kasus terus bertambah.

Patuhi Protokol, Anggaran Melonjak

Protokol kesehatan menjadi perhatian utama para sineas ini, mengingat banyaknya kru yang diperlukan untuk memproduksi sebuah film.

“Semuanya berbekal masker, face shield, terus kita bikin system zoning untuk di lokasi, mengurangi kepadatan, jadi sebisa mungkin ada physical distancing,” ucap Ernest.
Mematuhi protokol kesehatan ikut membuat anggaran yang diperlukan pun melonjak.

“Anggarannya meningkat 10 persen dari perkiraan sebelumnya, karena kami harus menyediaakan yang diperlukan untuk mengikuti protokol kesehatan selama pandemi. Misalnya (untuk menyediakan) wastafel untuk cuci tangan, penyanyitasi tangan, disinfektan,” jelas Joko Anwar kepada penonton diskusi ini.

Tetapi, menurut Susanti Dewi, semua kembali lagi kepada ide kreatif dalam sebuah film yang lalu dituangkan ke dalam anggaran. Film-film karya Joko Anwar yang sejenis “Gundala” misalnya, lebih membutuhkan kru yang besar, sehingga kenaikan anggaran semasa pandemi akan lebih terasa dibandingkan dengan film dengan cerita yang membutuhkan kru lebih sedikit.

“Tapi secara umum, saya kira akan meningkat 10-15 persen. Kami sudah menghitungnya,” jelasnya.

Jam Kerja Berkurang, Hari Produksi Bertambah

Pandemi virus corona juga berdampak kepada jam kerja para kru film yang menurut Ernest, “padat banget, long hours, dan sangat dikerja waktu.”

“Jadi kadang-kadang ini mengakibatkan, kita mengorbankan waktu dan itu yang membuat kita jadi berat,” tambah Ernest.

Sama seperti Ernest, terkait pandemi, Joko Anwar terpaksa mengubah jadwal produksinya dengan menambah hari. Awalnya, ia hanya menjadwalkan waktu 28 hari untuk menggarap salah satu filmnya, tetapi dengan adanya pandemi, diperkirakan akan memerlukan waktu 35 hari. Menurutnya, kesehatan para kru sangat perlu diperhatikan dan mereka harus melakukan pembatasan, guna mengurangi penyebaran virus.

“Di Indonesia sudah biasa untuk syuting 16 atau 17 jam per hari, tapi (sekarang) kita batasi untuk syuting 14 jam per hari selama pandemi,” ucap Joko Anwar.

Sineas Cari Strategi Baru

Strategi baru di era “the new normal” juga menjadi tantangan bagi Joko Anwar, khususnya saat harus menggarap film superhero bertema laga, yang penuh dengan adegan perkelahian. Salah satunya dengan mengkarantina bersama para pemain dan pemeran pengganti di satu tempat.

“Sebelum dikarantina, mereka akan di tes untuk meyakinkan mereka negatif dan mereka akan tinggal di sana, untuk mengikuti proses pelatihan koreografi, untuk adegan perkelahian,” ujar Joko Anwar.

Beberapa perubahan juga terpaksa dilakukan. Jika tahun lalu Joko menampilkan seribu orang dalam sebuah adegan pertarungan, kini hal tersebut tidak lagi bisa dilakukan.

“Jadi kami cari alternatif lain untuk adegan tersebut, dengan menampilkan lebih sedikit orang, tetapi dengan dampak yang sama untuk adegan seperti itu,” jelas Joko Anwar.

Dalam acara diskusi ini, Riri Riza membagi pengalamannya melakukan syuting selama 14 hari di daerah yang terisolasi dengan kru yang amat sangat minim dan hanya beberapa aktor saja.

“Kami mencari kemungkinan lain, untuk melakukan proyek seperti ini, yang tidak begitu rumit untuk dilakukan selama pandemi,” ujar Riri Riza.

“(Proyek seperti ini) adalah yang biasa dilakukan MILES (rumah produksi Mira Lesmana dan Riri Riza.red). Disamping menggarap film berskala studio besar, kami juga menggarap proyek kecil, yang lebih independen, dan lebih terisolasi,” tambahnya.

Kualitas Tetap Nomor Satu

Walau harus mencari strategi baru dan anggaran melonjak, satu hal yang tentunya tidak akan pernah dikorbankan oleh para sineas ini adalah kualitas. Lewat acara ini, Susanti Dewi mengatakan, mereka akan mencari segala cara untuk tetap mempertahankan kualitas.

“Bagi saya kualitas bukanlah sesuatu yang bisa dikorbankan, tetapi lebih kepada bagaimana kita menemukan solusi, untuk terus melanjutkan produksi, dengan lebih bertanggung jawab dan aturan yang diperlukan,” jelasnya.

Ajang LAIFF akan segera berlanjut ke diskusi kedua, yang mengangkat tema mengenai tahap setelah pasca produksi, yang merupakan kelanjutan dari diskusi sebelumnya. Acara ini akan menampilkan CEO MD Pictures, Manoj Punjabi, Content Manager Poplicist Publicist, Ivan Makhsara, Pendiri/CEO IDN Media, Winston Utomo, dan Wakil Kepala Fakultas USC School of Cinematic Arts di Los Angeles, Akira Mizuta Lippit.
“Jadi kita bicara khusus mengenai marketing dan promotion strategies (di era kebiasaan baru),” ujar Endah.

Diskusi ke-2 yang akan diselenggarakan secara virtual tanggal 18 September mendatang waktu Indonesia ini, akan kembali bekerja sama dengan dua universitas ternama di Amerika Serikat, yaitu USC School of Cinematic Arts di Los Angeles dan UCLA Center for South East Asian Studies. Acara ini juga didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, California. (VOA)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini