-->
    |

Sekda Sintang Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan HUT RI ke 75

Sintang,Kapuasrayatoday.com -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si memimpin rapat persiapan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75 Tahun 2020.

Rapat persiapan dilaksanakan di  ruang rapat Sekretaris daerah kabupaten Sintang pada Jumat, (7/8) 2020.
Rapat dihadiri seluru panitia penyelenggara  peringatan HUT RI  ke 75 Tahun 2020 tingkat kabupaten dan dihadiri para pimpinan OPD Pemkab Sintang serta unsur TNI dan Polri.

Rapat tersebut membahas secara teknis pelaksanaan empat kegiatan yakni apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan,
Upacara bendera, acara detik- detik Proklamasi di Istana Merdeka secara Virtual dan upacara penurunan bendera pada 17 Agustus 2020 sore
“saya berharap empat kegiatan tersebut bisa kita laksanakan dengan sukses dan lancer. Masing-masing seksi dalam kepanitiaan saya silakan untuk melakukan rapat persiapan secara internal. Kita melaksanakan upacara dengan tetap menerapkan seluruh protokol kesehatan. Dan kita wajib menjaga agar, jangan sampai upacara nanti menjadi cluster baru penyerbatan covid-19 di Kabupaten Sintang ini” kata Sekda mengarahkan.

“peringatan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Sintang ini memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya kita melaksanakan upacara di Stadion Baning dan melibatkan peserta upacara yang sangat banyak serta meriah karena ada banyak kegiatan yang kita laksanakan. Namun, tahun ini karena pandemic covid-19. Kita harus mengikuti arahan pemerintah pusat untuk merayakan dan memperingati HUT RI secara sederhana dan minimalis saja” tambah Yosepha Hasnah.

Ditemoat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat menjelaskan bahwa seluruh camat sudah diarahkan untuk mengikuti siaran langsung di tempat mereka masing-masing pelaksanaan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sintang.

Setelah itu baru mereka melaksanakan upacara bendera di tingkat kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
“pelaksanaan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih direncanakan akan dihadiri sekitar 6 pleton pasukan atau setara dengan 105 orang dari TNI, Polri, ASN dan Polisi Pamong Praja. Sedangkan undangan sebelah kanan ada 35 orang dan sebelah kiri ada 35 orang. Undangan juga akan berdiri selama upacara berlangsung” terang Syarief Yasser Arafat.

Sementara itu, Kadisporapar  Sintang Hendrika menjelaskan bahwa 35 orang anggota Paskibraka yang sudah diseleksi sejak maret 2020 akan diasramakan sekitar 10 hari dan menerapkan seluruh protokol kesehatan. “kami sudah swab mereka. Satu orang satu kamar. Mereka dibekali penambahan wawasan kebangsaan dan materi yang lain.

Untuk latihan pemantapan akqn kita lakwanakqn pada Senin, 10 Agustus di halaman kantor bupati Sintang dalam rangka menyesuaikan lokasi upacara” terang Hendrika.

Pasi Ops Dim 1205/Sintang, Kapten Inf Didik HP menjelaskan bahwa pihaknya siap melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi Sintang pada Minggu, 16 Agustus 2020 Pukul 24.00 WIB nanti. “Kodim 1205 Sintang siap melaksanakan apel dan upacara renungan suci.

Untuk pelaksanaannya, kami akan berkoordinasi dengan teman-teman di Polri serta Dinas Sosial untuk pemantapan persiapan. Anggota TNI siap mendukung pelaksanaan upacara seperti menjadi peserta dan sebagainya” terang Kapten Inf Didik HP.

Kabag Ops Polres Sintang Kompol Zulfikar menjelaskan bahwa Polres Sintang sebagaimana tahun - tahun sebelumnya, siap mendukung pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 ini. “karena pelaksanaan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sintang, maka kami akan memberikan dukunan dalam pengaturan lalu lintas di Jalan PKP Mujahidin dan sekitar Kantor Bupati Sintang. Tentu dengan tetap berkoordinasi dengan pihak lain seperti Dinas Perhubungan. Anggota Polres Sintang juga siap menjadi peserta upacara” terang Kompol Zulfikar

Sumber.    Prokopim Sintang
Editor.       Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini