-->
    |

Bertugas 71 Hari, Pemkab Sintang Lepas Florentinus Anum Sebagai Pjs Bupati Sintang


Sintang, Kapuasrayatoday.com - 

Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar acara Pelepasan Akhir Masa Tugas Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M.Si yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang pada Kamis 3 Desember 2020. 

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si menyampaikan waktu penyediaan 71 hari di Sintang rasanya tidak lama, tetapi sudah harus menyelesaikan tugas dan pergi. “Dalam waktu yang singkat tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan. Saya ketika mengunjungi kecamatan, yang saat itu dapat memberikan arahan kepada perusahaan perkebunan untuk membantu memperbaiki titik jalan yang rusak. Kondisi jalan yang tidak baik sangat membebani masyarakat sehingga harga sembako menjadi mahal. Kendaraan sering amblas dan biaya tinggi. Artinya kalau pemeliharaan bisa dilakukan secara terus menerus, maka jalanya bisa fungsional meskipun jalan tanah. ” terang Florentinus Anum.  

Dalam hal handling covid-19 di Kabupaten Sintang, saya belajar metode penularan yang ada dan kemudian mengambil langkah. Saat ini kita berada di zona kuning. Saya berpesan satgas tetap aktif melakukan langkah pencegahan. Soal pilkada, selama saya di Sintang terjadi dinamika di tengah masyarakat, ini tanda daerah kita akan maju dan berkembang. Ini pelajaran bagi kami dan forkopimda. Terima kasih tokoh masyarakat sudah membantu kami dalam menyelesaikan beberapa dinamika tersebut. Mari kita lakukan deteksi dini dan preventif dalam mencegah permasalahan. 



Semua pihak yang terlibat dalam membantu Pemkab Sintang dalam melaksanakan semua tahapan pilkada Sintang. Satu persatu tugas saya sebagai Pjs Bupati Sintang bisa saya laksanakan berkat bantuan dan dukungan banyak pihak. Mari kita terus kawal semua tahapan pilkada, kegiatan pembangunan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Sintang. 

Setelah masa berakhir tugas sebagai Pjs bupati Sintang, saya dan keluarga mohon maaf jika berada di Sintang ada hal yang berkenan. Saya minta maaf kepada Forkopimda, jajaran Pemkab Sintang, DPRD Sintang, dan elemen masyarakat lain. Mohoh doanya agar saya dapat menjalankan tugas di Pemprov Kalbar dengan baik. Pertahankan jika apa yang saya lakukan sudah baik dan tingkatkan pesan Florentinus Anum.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si menyampaikan keyakinan hanya dalam waktu yang tidak lama, telah banyak tugas, pemerintahan, dan pembangunan yang bisa dilakukan oleh Penjabat Sementara Bupati Sintang. “Beberapa agenda penyelenggaraan pemerintahan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan yang sudah ditetapkan” terang Sekda Sintang

Yosepha Hasnah menjelaskan bahwa adapun beberapa agenda strategis tersebut antara lain bersama-sama dengan DPRD Kabupaten Sintang membahas APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020 yang kemudian disahkan pada 30 September 2020. Selanjutnya membahas Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sintang yang sudah usang.

Penjabat Sementara Bupati Sintang juga bersama DPRD sudah membahas dan mengesahkan APBD Tahun Anggaran 2021 pada 30 November 2020 tambah Yosepha Hasnah

Bapak Pjs Bupati Sintang juga sudah sangat proaktif dalam ikut mensukseskan pelaksanaan pilkada Kabupaten Sintang. Beliau dengan intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KPU, Bawaslu, Polri, TNI, Forkopimda bahkan elemen masyarakat lainnya demi mensukseskan pilkada serentak. Bahkan beliau melakukan pemantauan ke kecamatan di Kabupaten Sintang ”terang Yosepha Hasnah



Dalam penanganan covid-19, sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, beliau selalu terdepan dalam melaksanakan himbauan, edukasi dan sosialisasi di tempat kerja secara langsung dalam penerapan disiplin, dan penegakan hukum protokol kesehatan diatur dalam Peraturan Bupati Sintang Nomor 60 Tahun 2020. 

Kegiatan 3T yakni test, tracing dan treatment, beliau selalu memberikan perhatian khusus. Bahkan secara pribadi, saya salut kepada Pjs Bupati Sintang karena setiap kejadian dan kegiatan, beliau selalu menggunakan alat pelindung diri lengkap seperti masker dan sarung tangan ”tambah Yosepha Hasnah

Dalam hal sosial kemasyarakatan, beliau selalu melakukan pertemuan rutin dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya. Dalam rangka menyelesaikan dan menyelesaikan berbagai dinamika yang ada di tengah masyarakat Kabupaten Sintang. Dalam hal pembinaan kepegawaian, beliau melakukan himbauan terkait netralitas ASN dalam pilkada Kabupaten Sintang 2020. Bahkan kepemimpinan langsung deklarasi gerakan netralitas ASN di Kabupaten Sintang ”tambah Yosepha Hasnah

Kami kasih dan memberikan penghargaan yang tulus kepada Bapak Ir. Florentinus Anum, M. Si dan keluarga selama mengemban amanah sebagai Pjs Bupati Sintang. Arahan dan petunjuk bagi kepada kami, tentunya menjadi pengalaman kami semua dalam menjalankan kegiatan dan tugas yang akan datang. Kami mohon maaf jika ada tindakan, sikap dan perkataan kami yang kurang berkenan selama berada di Sintang ”terang Yosepha Hasnah. 

Sebelumnya Ir. Florentinus Anum, M.Si ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Mendagri Nomor: 131.61-2885 Tahun 2020 Tanggal 24 September 2020 tentang Penunjukan Penjabat Sementara Bupati Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Ir. Florentinus Anum, M.Si jalan di Kabupaten Sintang selama 71 hari saat Bupati dan Wakil Bupati Sintang menjalankan cuti untuk melaksanakan kampanye sampai tanggal 5 Desember 2020.

Ir. Florentinus Anum, M.Si yang juga Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Hortikulutra Provinsi Kalimantan Barat di kukuhkan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, pada Sabtu, 26 September 2020 sebagai Pjs Bupati Sintang. 

Hadir dalam Pelepasan Akhir Masa Tugas Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Wakil Ketua DPRD Sintang Heri Jambri, Forkopimda, Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Sumber.     Prokopim Sintang

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini