|



Inggris Bersiap Memulai Vaksinasi Covid-19

Lemari pendingin khusus untuk distribusi vaksin virus corona (Covid-19) di lokasi yang aman, Sabtu, 5 Desember 2020. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Inggris bersiap-siap untuk menjadi negara pertama yang meluncurkan vaksin Covid-19 buatan Pfizer/BioNTech dalam beberapa hari lagi. Pemerintah Inggris mengatakan Vaksin tahap awal akan tersedia di berbagai rumah sakit, sebelum mendistribusikan pasokan ke klinik-klinik dokter, kata pemerintah Minggu (6/12).

Dosis-dosis awal akan diberikan pada Selasa (8/12). Dinas Kesehatan Nasional (NHS) memprioritaskan pemberian vaksin kepada warga lansia di atas 80 tahun, petugas medis garis depan serta penghuni dan perawat di panti jompo.

Pada Rabu (2/12), Inggris memberi otorisasi penggunaan darurat vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer and BioNTech dan memulai program vaksinasi massal paling penting dalam sejarah.

Secara total, Inggris telah memesan 40 juta dosis, jumlah yang cukup untuk memvaksinasi 20 juta orang di negara berpenduduk 67 juta itu.

Sekitar 800 ribu dosis diperkirakan tersedia dalam pekan pertama.

Kementerian Kesehatan Inggrisnya mengatakan dosis-dosis awal yang telah tiba dari Belgia, disimpan di lokasi-lokasi aman di seluruh negara itu, untuk diperiksa kualitasnya.

Vaksin Pfizer/BioNTech memiliki kebutuhan penyimpanan yang rumit. Vaksin itu harus disimpan pada suhu -70C dan hanya bertahan lima hari di pendingin biasa.

Karena alasan itu, kementerian kesehatan mengatakan pada awalnya vaksin itu akan diberikan di 50 rumah sakit. Katanya, perlu waktu beberapa jam untuk mencairkan masing-masing vaksin dan mempersiapkannya.

Inggris termasuk beberapa negara pertama yang memulai vaksinasi di luar uji klinis. Rusia mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 Sputnik V ke 70 klinik di Moskow pada Sabtu (5/12), meskipun belum menyelesaikan uji tahap akhir. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini