-->
    |

Kawasan Istana Surya Negara Menjadi Tempat Wisata Lokal Yang Di Minati Warga Sekitar


Sanggau.Kapuasrayatoday.com- Kawasan Istana Surya Negara Sanggau menjadi tempat wisata yang merupakan sebuah fenomena sosial - budaya dan sekaligus juga merupakan fenomena ekonomi yang terkait dengan pergerakan seseorang atau sekelompok orang yang kemudian disebut sebagai wisatawan.Sabtu (3/4/2021)

Jadi secara garis besar pengertian Ekonomi Pariwisata adalah Kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata untuk memaksimalkan sumber daya, berupa modal, manusia, dan alam dengan harapan memperoleh hasil produk pariwisata berupa barang dan jasa yang secara maksimal.

Cecep salah satu penggiat pariwisata Sanggau menjelaskan. Tempat wisata adalah sesuatu yang  ada di daerah tertentu dan memiliki daya tarik agar orang orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. 
Foto: Humayra Wisata Lokal Dengan Naik Kereta Wisata Trans Cinca Membayar Tiket Rp.25.000

Objek wisata adalah tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Sedangkan tempat wisata dapat berupa wisata alam maupun bangunan seperti gunung, sungai, laut, museum, situs peninggalan sejarah,benteng, dan lain lain. Tempat wisata merupakan faktor penting penambah pendapatan suatu negara dan daerah dengan penyediaan jasa maupun pembangunan didaerah wisata itu sendiri.
Ucapnya


Jika kita melihat dari segi ekonomi pariwisata, kita akan melihat peluang besar disana, dengan kekayaan tersebut Sanggau bisa mendapatkan banyak pendapatan dari sektor pariwisata, karena dari sektor pariwisata tersebut banyak hal yang berkaitan yang bisa dikembangkan menjadi usaha untuk mendapatkan keuntungan serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sanggau. Tuturnya

Dampak Positif Pariwisata terhadap perekonomian dari sektor pariwisata menyebabkan perekonomian masyarakat lokal meningkat drastis. Kedatangan wisatawan ke sebuah destinasi wisata juga menyebabkan munculnya pebisnis asing atau mendorong seseorang untuk berwiraswasta  memberikan pelayanan dan kemudahan bagi wisatawan selama mereka berwisata.

Membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk disekitar, menyerap banyak tenaga kerja di bidang pariwisita misalnya :
Menjadi Tour Guide untuk menemani selama perjalanan wisata, melindungi dan memberi jamaninan keselamatan bagi wisatawan, dan lain lain.

Menjadi supir untuk mengantar atau mempersingkat jarak tempuh wisatawan ke wisata yang dituju. Dibangunnya fasilitas fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik demi kenyamanan dan keamanan para wisatawan, hal ini secara tidak langsung juga melakukan pemerataan pembangunan di kota tersebut. Semaikin ramai maka semakin cepat pula perkembangan di wilayah tersebut.

Selain dampak positif pariwisata ternyata pariwisata juga ada dampak negatifnya, berikut adalah dampak negatif pariwisata :

Banyaknya wisatawan yang masuk  menambah potensi kerusakan lingkungan terutama dari sampah. Biasanya karena tempat sampah yang tersedia kurang banyak, kesadaran wisatawan akan kebersihan , dan pengelolaan sampah yang kurang baik dari si pengelola wisata itu sendiri. Banyaknya sampah yang tidak terkendali ini menyebabkan daerah wisata tersebut menjadi rusak dan tidak indah seperti dulu lagi. 

Sangat disayangkan bukan keindahan lingkungan yang kita miliki terkotori oleh sampah. Oleh karena itu, marilah kita menjaga lingkungan mulai sekarang.
 Membuka peluang bagi pelaku kriminal untuk melakukan kejahatan kepada wisatawan asing maupun domestik, hal ini yang membuat minat wisatawan ke destinasi wisata menjadi berkurang. Contohnya adalah perampokan penginapan tempat wisatawan menginap, pencopetan, dan kejahatan lainnya. Sebaiknya kita lebih waspada dengan hal tersebut dan ditingkatkan keamanannya agar wisatawan merasa aman saat berwisata.

Berdasarkan data diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sektor pariwisata dapat memajukan dan mensejahterakan ekonomi penduduk dan daerah wisata tersebut. Dengan kebijakan pemerintah yang tepat sektor wisata mampu meningkatkan kesejahteraan daerah wisata tersebut. Sektor wisata dapat membuka banyak lapangan pekerjaan sehingga mampu menyerap banyak tenaga kerja dan mampu mengurangi pengangguran yang berdampak baik bagi masayarakat itu sendiri. 

Semakin banyak jumlah wisatawan yang datang maka berbanding lurus dengan pendapatan yang diperoleh sehingga pembangunan fasilitas lancar. Diharapkan Kabupaten Sanggau mampu juga dalam memanfaatkan kekayaan alamnya dengan sebaik mungkin atau semaksimal mungkin untuk kesejahteraan warganya.(red)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini