-->
    |


Masyarakat Kecamatan Jangkang keluhkan Kondisi jalan Provinsi Kembayan - Balai Sebut, Ini Kondisinya Saat ini !!

 


Sanggau,Kapuasrayatoday.com -

Tinginya curah hujan diwilayah timur Kalbar, selain menyebabkan banjir juga menyebabkan kerusakan infrastruktur jalan maupun jembatan.

Gabriel Bagino Tokoh Pemuda asal kecamatan Jangkang menerangkan hampir satu pekan terakhir ruas jalan Provinsi Kembayan - Balai Sebut mengalami kerusakan yang cuku parah bahkan saat ini menjadi lumpuh total kata Gabriel Bagino Minggu (7/11) malam.



Kerusakan yang sangat parah tersebut terjadi di Dusun Engkolai desa Tanggung Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau terangnya.

Akibatnya Perekonomian masyarakat di Kecamatan Jangkang menjadi lumpuh.

Sebab untuk bisa sampai ke kecamatan Jangkang kendaraan angkutan barang maupun orang harus menginap dijalan dua atau tiga malam.



Saat ini saja kata dia, semua jenis kendaraan termasuk Sepeda motor sudah sangat sulit untul lewat keluhnya. 

Yang lebih miris lagi, katanya saat membawa jenasah warga setempat yang meninggal di RS di kota Sanggau, untuk bisa sampai di kampung, pihak keluarga harus mengotong mayat dengan berjalan kaki untuk sampai ke rumah duka. "Saat ada orang meningal di RS bawa jenasah harus di pikul saat lewat disitu (jalan rusak red) sampai ke kampung" ucap Gabriel Bagino.



Sedangkan kendaraan angkutan barang, untuk bisa keluar dari genangan lumpur para sopir harus menyewa  alat berat (Exsapator) secara patungan untuk menarik kendaraan yang amblas serta membuang lumpur agar bisa dilalui kendaraan untuk sementara.

Dengan rusaknya ruas jalan tersebut, penderitaan masyarakat semakinpun lengkap, barang susah masuk, hasil panen Petani sawit juga mengalami kerugian dikarenakan buah sawit yang hendak mereka bawa ke Pabrik menjadi busuk akibat mobil terlalu lama amblas di jalan dan akibatnya, pabrikpun menolak buah busuk ungkap Gabriel Bagino.



Melihat kondisi jalan tersebut masyarakat berharap ada perhatian seeius dari  Pemkab Sanggau maupun Pemvrop Kalbar. Dengan kondisi seperti ini kecamatan Jangkang menjadi terisolir (lewat Kembayan jalan hancur, lewat Mukok jalan tergenang banjir).

Masyarakat juga menyayangi pekerjaan peningkatan ruas jalan Kembayan - Balai Sebut justru pekerjaannya dilakukan pada ruas jalan yang masih layak di lalui. Sementara jalan yang kondisinya sangat parah justru terkesan dibiarlan begitu saja.

Solusi lain sebenarnya masih mungkin dilakukan Pemkab Sanggau dengan memperbaiki ruas jalan Mukok - Balai Sebut namun saat ini kondisi banjir juga menjadi kendala.

Masyarajat berharap untuk.mengatasi kesulitan masyarakat ada langkah nyata dari Pemkab Sanggau ataupun Pemprov Kalbar harapnya.

Penulis.   Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini