-->
    |


Academy Kecam Insiden Tamparan Will Smith saat Oscar Berlangsung

Komedian Chris Rock (kiri) bereaksi setelah aktor Will Smith menamparnya di atas panggung dalam ajang Oscar yang digelar di Los Angeles, California, pada 27 Maret 2022. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Academy of Motion Picture Arts and Sciences, penyelenggara penghargaan Oscar, pada Senin (28/3) mengeluarkan pernyataan resmi yang mengecam perilaku Will Smith atas tindakanya menampar pelawak Chris Rock di atas panggung dan mengumumkan akan memulai penyelidikan.

Smith menampar wajah Rock selama siaran langsung penghargaan Academy Awards ke-94 yang digelar pada Minggu (27/3), setelah pelawak itu membuat lelucon tentang istri Will Smith, Jada Pinkett Smith dengan mengolok-olok kepalanya yang plontos.

"Academy mengecam tindakan Smith pada pertunjukan tadi malam," kata pernyataan itu. "Kami ... akan mengkaji tindakan dan konsekuensi lebih lanjut sesuai dengan peraturan, standar perilaku, dan hukum kita di California."Menurut kode etik Academy, konsekuensi semacam itu bisa menyebabkan “penangguhan keanggotaan atau dikeluarkan dari keanggotaan.”

Dalam beberapa tahun terakhir, pelanggaran kode ini telah menyebabkan anggota seperti Harvey Weinstein, Bill Cosby dan Roman Polanski, dikeluarkan karena tuduhan pelanggaran seksual.

Sementara itu Rock tidak melaporkan insiden tersebut ke polisi.

“Badan penyelidik LAPD mengetahui insiden antara kedua individu ini selama program Academy Awards. Insiden itu melibatkan satu orang menampar orang lain. Individu yang terlibat telah menolak untuk mengajukan laporan ke polisi, ”kata Kepolisian Los Angeles (LAPD) dalam pernyataan resmi kepada pers.

“Jika pihak terkait di kemudian hari menginginkan laporan polisi, LAPD siap menyelesaikan laporan penyelidikan.”

Sebelum memerikan penghargaan untuk film dokumenter terbaik, Rock mengarahkan komentar kepada Pinkett Smith dengan mengatakan: “Jada, aku mencintaimu. 'G.I. Jane 2,’ tidak sabar untuk menontonnya,” tampaknya membandingkan gaya rambut plontos aktris Demi Moore di film G.I. Jane yang rilis pada 1997.Di saat Pinkett Smith tampak menanggapi lelucon tersebut dengan memutar bola matanya, sang suami berjalan ke panggung dan menampar wajah Rock selama siaran langsung, momen yang tidak lama kemudian menjadi viral.

Setelah kembali duduk, Smith lalu melontarkan kata-kata kasar kepada komedian itu, memintanya agar tidak menyebut-nyebut nama istrinya.

Pinkett Smith, 50, sebelumnya secara terbuka menyampaikan perjuangannya menghadapi rambut rontok karena penyakit autoimun alopecia. Ia secara terbuka mengumumkan diagnosisnya pada tahun 2018 selama segmen acara talk show Facebook-nya, Red Table Talk.

Awalnya, Academy hanya mengeluarkan pernyataan melalui akun Twitter-nya setelah upacara berakhir.Akademi tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apa pun," kata cuitan itu.

Beberapa menit setelah insiden pada Minggu (28/3) malam itu, Smith dianugerahi Oscar untuk Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk penampilannya sebagai Richard Williams, ayah dari petenis Venus dan Serena Williams, dalam film King Richard.

Selama pidato penerimaannya, Smith tampak emosional dan meminta maaf kepada Academy dan sesama peraih nominasi, tetapi tidak secara langsung menyebut Rock.

"Cinta akan membuat kita melakukan hal-hal gila," kata Smith, menanggapi perilakunya. "Terima kasih. Saya harap Academy akan mengundang saya kembali. ” tambahnya.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini