-->
    |

AS dan Ukraina Desak Rusia Akhiri Serangan terhadap Kota-kota

Seorang petugas berusaha memadamkan kebakaran pasca serangan Rusia terhadap Desa Chaiky, di kawasan Kyiv, Ukraina (3/3).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Pejabat AS dan Ukraina mendesak Rusia untuk mengakhiri serangan terhadap warga sipil saat pembicaraan putaran ketiga antara perunding Ukraina dan Rusia dilanjutkan kembali hari Senin (7/3).

"Biarkan makanan dan obat-obatan masuk. Biarkan orang keluar dengan aman dan akhiri perang terhadap Ukraina ini," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken saat konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkēvičs di Riga, sambil mengutip "pemboman tanpa henti" dan laporan-laporan mengenai serangan oleh pasukan Rusia di koridor kemanusiaan yang disepakati.Pejabat Ukraina mengecam usulan Moskow untuk rute evakuasi ke Rusia dan Belarus, dan meminta agar warga sipil yang melarikan diri dari zona pertempuran diizinkan untuk mencapai Ukraina barat atau negara-negara Uni Eropa.

Perunding Ukraina Mykhailo Podolyak mengecam "kekerasan Rusia yang berskala besar terhadap warga sipil" dalam sebuah cuitan, beberapa menit sebelum pembicaraan terakhir.Delegasi Ukraina dan Rusia sudah dua kali bertemu di Belarus sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Dewan Keamanan, Senin bertemu untuk membahas situasi kemanusiaan yang memburuk di Ukraina.

Di bidang diplomatik, Blinken, Senin bertemu dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid di Riga untuk “bertukar pikiran” dan mengoordinasikan sikap terkait upaya gencatan senjata setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Pertemuan Blinken dengan Lapid terjadi sehari setelah Perdana Menteri Israel Naftali Bennett berbicara secara terpisah dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam upaya untuk menengahi gencatan senjata.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini