-->
    |

Zelenskyy akan Sampaikan Pidato Virtual di hadapan Kongres AS


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (tengah) menjabat tangan seorang tentara yang terluka dalam kunjungannya ke rumah sakit di Kyiv, Ukraina, pada 13 Maret 2022. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan menyampaikan pidato virtual di hadapan Kongres Amerika Serikat (AS) ketika perang di negaranya yang semakin berkecamuk.

Ketua DPR AS Nancy Pelosy mengatakan Zelenskyy akan berbicara pada Rabu (16/3) kepada anggota-anggota DPR dan Senat. Acara ini akan disiarkan langsung untuk publik.

“Merupakan hak istimewa untuk menghadirkan pemimpin negara ini, di mana warganya berjuang keras bagi demokrasi mereka dan demokrasi kita,” ujar Pelosi dalam sebuah acara di Brooklyn Bridge pada Senin (14/3) yang dihadiri sejumlah anggota parlemen New York.Pelosi mengatakan Zelenskyy meminta diberi kesempatan itu ketika mereka berbicara pada akhir pekan lalu, dan para anggota Kongres “sangat senang” dengan hal itu.

Pembicaraan itu dilakukan ketika warga Ukraina berjuang mempertahankan kelangsungkan hidup negara mereka dalam perang, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin tengah mengintensifkan serangan, termasuk serangan udara, ke ibu kota Kyiv.

Warga sipil di Ukraina telah mengangkat senjata untuk menahan rezim Putin, tetapi perang telah memaksa lebih dari dua juta warga Ukraina mengungsi ke negara-negara tetangganya.

“Kongres, negara kita dan dunia kagum pada rakyat Ukraina,” ujar Pelosi dan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schummer dalam sebuah pernyataan bersama pada Senin (14/3) untuk mengumumkan pidato Zelenskyy. Mereka mengatakan semua anggota Kongres diundang ke acara yang juga akan disiarkan langsung di Gedung Kongres.Pidato Zelenskyy ini hanya berselang beberapa hari setelah Kongres menyetujui dana bantuan kemanusiaan dan militer darurat bernilai $13,6 miliar bagi Ukraina.

Biden diperkirakan akan menandatangani Rancangan Undang-undang pengeluaran yang mencakup bantuan bagi Ukraina itu menjadi undang-undang pada Selasa (15/3). Dalam pembicaraan telepon antara Pelosi dan Zelenskyy pada pekan lalu, Zelenskyy mengatakan negaranya perlu bantuan untuk membangun kembali negaranya dari perang.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini