-->
    |

Wabup Subandrio Buka Program Pelatihan Terintegrasi Indonesia Sehat 2022

 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil Bupati Sekadau Subandrio SH.MH membuka kegiatan Pertemuan Koordinasi Tekhnis Terintegrasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) bersana Lintas Program dan Lintas Sektoral Dinkes PP dan KB kabupaten Sekadau tahun 2022 yang berlangsung di aula Hotel Vinca Borneo pada Selasa (9/8) 2022.

Plt Kadinkes PP dan KB Henry Alpius dalam laporannya menyebutkan, saat ini di kabupaten Sekadau sudah tidak lagi di temui pasien terpapar covid-19.

Dan kita sudap berada pada level 1. Namun demikian kita berharap masyarakat tetap mematuhi prokes karena di beberapa daerah saat ini masih ada verian baru covid-19 kata Henry Alpius dalam paparannya.

Sedangkan untuk meminimal stunting, Henry berharap setiap ibu yang akan melahirkan harus ke puskesmas agar kita bisa mengetahui perkembangan stunting.

Saat ini Indek Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Sekadau berada pada peringkat 13 dari 14 kabupaten kota se Kalbar. Dan salah satu indikatornya adalah faktor Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi kata Henry Alpius.

Ditempat yang sama Wabup Subandrio dalam arahannya mengatakan, satu kata yang harus kita sepakati adalah "Masyarakat Kita Harus Sehat" ucap wabup.

Untuk memenuhi kebutuhan sehat masyarakat, ada tiga pilar yang harus kita memiliki yaitu 1.Paradigma sehat.(Pikiran kita sehat, masayarakat kita sehat,dan pelayan kesehatan). 2. Imprastruktur kesehatan seperti Peralatan kesehatan, dan 3. Program pelayanan kesehatan ujar wabup.

Di kabupaten Sekadau berdasarkan data yang ada, angka stunting kita masih cukup tinggi yaitu 6 persen dari jumlah angka kelahiran.

Untuk mengatasi persoalan tersebut kita harus bekerja keras dengan mengerakkan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas - Puskesmas. 

Selain itu lanjut dia, kita juga akan membangun beberapa Puskesmas baru. Dan untuk tahun ini kita membangun Puskesmas Pratama di Nanga Mahap. Dan tahun depan kita akan membangun satu lagi Puskesmas  Itu semua guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal tersebut tentu harus didukung oleh para tenaga kesehatan kita yang ada.jika tidak mustahil kita bisa menyehatkan masyarakat kita tambahnya.



Untuk itu wabup berharap tingkatkan koordinasi secara berjenjang, agar kita mengetahui perkembangan kesehatan masyarakat pungkas wabup.

Usai memberikan sambutannya, wabup Subandrio langsung membuka kegiatan pelatihan dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Kegiatan tersebut di ikuti camat se- kabupaten Sekadau, kepala Puskesmas  se-kabupaten Sekadau, dan sejumlah  Kades.

Penulis.    Sudarno


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini