-->
    |

Biden akan Survei Kerusakan Badai Ian di Florida

Presiden Joe Biden dalam pertemuan satuan tugas hak-hak reproduksi di Gedung Putih, Washington, Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Presiden Amerika Joe Biden dan ibu negara Jill Biden Rabu (5/10) akan melakukan perjalanan ke Florida untuk menyurvei kerusakan akibat Badai Ian. Mereka akan bertemu para pemimpin negara bagian dan lokal untuk membahas upaya pemulihan.

Gedung Putih mengatakan mereka juga akan berbicara dengan penduduk dan pemilik usaha kecil dalam kunjungan ke Fort Meyers, salah satu daerah yang paling terimbas badai kuat yang melanda pekan lalu.

Di antara pejabat yang akan ditemui Biden, dari Partai Demokrat, adalah Gubernur Florida Ron DeSantis, dari Partai Republik. Keduanya adalah saingan politik tetapi telah membahas bantuan badai pada hari-hari sejak badai melanda negara bagian terpadat ketiga di Amerika.

DeSantis, Selasa (4/10), memuji respons pemerintah federal, khususnya Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), yang sejak awal mendeklarasikan Florida dalam bencana, memungkinkan personel bantuan badai dan pemulihan bertindak "cepat."

Menurut saya, FEMA telah bekerja sangat baik dengan negara bagian dan lokal, dan kami ingin terus melakukannya,” kata DeSantis kepada wartawan.

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan kepada wartawan bahwa ini bukan waktunya bagi para pemimpin untuk membahas perbedaan mereka.

“Dalam hal pengiriman bantuan dan memastikan bahwa orang-orang Florida memiliki apa yang mereka butuhkan, terutama setelah Badai Ian, kita adalah satu. Kami bekerja sebagai satu kesatuan,” kata Jean-Pierre.

Ian mendarat di Florida pada 28 September sebagai badai Kategori 4 yang berbahaya dengan kecepatan angin maksimum 240 kilometer per jam. Badai itu menyebabkan lebih dari 2 juta pelanggan di seluruh negara bagian itu tanpa listrik. Pejabat perusahaan utilitas itu mengatakan kemungkinan Jumat atau Sabtu listrik akan pulih setidaknya 95 persen dari pelanggan.

Lebih dari 1.500 orang telah diselamatkan ketika tim pencarian dan penyelamatan menggelar operasi pencarian dari pintu ke pintu untuk para korban di antara rumah dan bangunan yang hancur.

Korban tewas akibat Ian telah meningkat menjadi lebih dari 100 orang dari Florida hingga negara bagian North Carolina, dengan mayoritas kematian di Florida. Lebih dari 50 kematian dilaporkan di Lee County Florida, yang menanggung beban terberat ketika badai itu melanda daratan. Kantor berita Reuters mengatakan, 21 kematian lainnya telah dilaporkan oleh pejabat Florida dari sembilan country lain.

Empat kematian dilaporkan di North Carolina.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini