|



Polres Kapuas Hulu Laksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

 


Kapuas Hulu,Kapuasrayatoday.com - Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, bertempat di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Jum'at (28/10/2022).

Adapun tema peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kabag Ren, Kompol Yudi Sutrisno, S.E., dan Perwira Upacara Kabag SDM, AKP Widiyanto, serta komandan upacara KBO Sat Reskrim, Ipda Jamali.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 tersebut diikuti Pejabat Utama (PJU) Polres Kapuas Hulu dan seluruh personil Polres Kapuas Hulu yang terdiri dari 1 Peleton Perwira Polres Kapuas Hulu, 1 Peleton Gabungan staf Polres Kapuas Hulu, 1 Peleton gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Narkoba Polres Kapuas Hulu serta 1 Peleton Polwan dan ASN Polres Kapuas Hulu.

Kegiatan upacara diawali dengan penghormatan kepada inspektur upacara, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara kemudian dilanjutkan pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila, Kemudian Pembacaan Teks UUD 1945 oleh AKP Slamet Riadi, pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Iptu Cahya Purnawan kemudian menyanyikan Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa" kemudian pembacaan Amanat Menpora oleh Inspektur Upacara dilanjutkan menyanyikan lagu Bangun Pemuda Pemudi dilanjutkan dengan pembacaan do'a.

Kompol Yudi Sutrisno, S.E., yang membacakan amanat Menpora antara lain bahwa Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Selanjutnya Kompol Yudi Sutrisno, S.E. menyampaikan, bahwa pemuda Indonesia memiliki tanggung jawab moral dalam menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa, karena ditangan para pemuda, Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, pengembangan potensi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

"Diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia," kata Kabag Ren.

"Saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-94 semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” kata Kompol Yudi Sutrisno, S.E.(JS/Hms) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini