-->
    |

Jelang Perayaan Imlek, Polres Kapuas Hulu Laksanakan Rakor Lintas Sektoral

 


Kapuas Hulu,Kapuasrayatoday.com - Guna menjamin rasa aman dan nyaman bagi warga Tionghoa di Kabupaten Kapuas Hulu yang akan merayakan tahun baru Imlek pada 22 Januari 2023 mendatang, Polres Kapuas Hulu melaksanakan Rakor Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Liong Kapuas 2023 di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu yang dilaksanakan di aula Polres setempat, Jum'at (20/1/2023) siang.

Rakor Lintas Sektoral tersebut dipimpin Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Hilman Malaini, SH, SIK, MH, dengan pembicara Kabag Ops beserta PJU Polres Kapuas Hulu, perwakilan dari Kodim 1206/Psb, Batalyon RK 644/Wls, Satpol PP, BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Kemenag . masyarakat FKUB dan pemuda Tionghoa Putussibau.

Dalam sambutannya, Kompol Hilman Malaini, SH, SIK, MH, menyampaikan bahwa dalam rangka perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Polres Kapuas Hulu, terlebih dahulu membuat rencana pengamanan, dengan melibatkan jajaran Polsek, terutama Polsek yang wilayahnya ada sebagian masyarakatnya yang merayakan Imlek.

“Seperti di wilayah Kecamatan Kalis, Silat Hilir, Jongkong, Semitau, Putussibau Utara, Putussibau Selatan dan Bunut Hilir, dimana di beberapa Kecamatan tersebut kami akan melakukan pengamanan di tempat ibadah Kelenteng dan juga rumah warga yang merayakaan Imlek,” kata Wakapolres.

Selanjutnya, Wakapolres menyampaikan bahwa untuk personel yang tergabung sebanyak Polres 120 personel dan Polsek 65 personel, dengan total personel yang tergabung dalam Opspol kewilayahan Liong Kapuas-2023 sebanyak 185 personel atau sebesar 1/3 kekuatan.

“Metode pengamanan, Polsek yang membutuhkan bantuan pengamanan akan di bantu dari personil Polres. Dimana tempat Wihara / Pekong yang akan diamankan di Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak Silat Hilir ada 2, Semitau 1, Putussibau Utara 1, Jongkong 1 dan Bunut Hilir 1. Mari bersama-sama kita jaga stabilitas keamanan Kapuas Hulu agar situasi tetap kondusif,” ucap Wakapolres.

Kemudian Wakapolres Kompol Hilman Malaini, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan kepada warga masyarakat agar dalam masa Imlek ini tetap menjaga diri, mari bergembira dan membatasi diri dari hal-hal yang negatif, jaga situasi kamtibmas Kabupaten kapuas hulu tetap aman dan kondusif.

Kompol Hilman Malaini, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa untuk Ops liong ini Polres Kapuas Hulu adalah sebagai imbangan, mengingat hanya 2 Polres yang melaksankan operasi, namun Polres Kapuas Hulu tetap melaksankan kegiatan yang sama, yaitu KRYD, (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan).

“Dalam pelaksanaanya, maka kita harus menyamakan persepsi maupun frekuensi bahwa kegiatan di Pos Pam Operasi Liong Kapuas 2023 terhitung mulai tanggal 21 Januari 2023 sampai dengan tanggal 6 Februari 2023 harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.Kapospam dan Kapolsek dalam pelaksanaan tugas pengamanan harus terlebih dahulu memberikan APP ataupun arahan kepada anggota sebelum melaksanakan tugas,” terang Wakapolres.

Lanjut Wakapolres, Ini juga berlaku kepada Satgas Operasi, agar para Ka Satgas maupun Ka Pospam dapat memahami tugas-tugasnya dalam pelaksanaan tugas.

“Agar berkolaborasi bersinergi dengan TNI, dan juga unsur intansi terkait yang ikut melaksanakan kegiatan pengamanan dalam pelaksanaan Operasi Liong di maksud,” tutur Wakapolres.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan paparan Kabag Ops dan paparan Kasat Intelkam selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua FKUB, sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu dan ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. (hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini