-->
    |



Kapolres Sanggau Pimpin Upacara HUT Satpam ke-42

Foto: Kegiatan Upacara HUT Satpam ke-42 Polres Sanggau 

Sanggau.kapuasrayatoday.com- 
Polres Sanggau Bersama Jajaran Polda Kalbar menggelar Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-42 (30 Desember 2022), Kegiatan upacara HUT Satpam ini dilaksanakan di Lapangan Mapolres Sanggau. Senin (30/01/2023) 

Adapun tema HUT Satpam ke-42 tahun 2022 ini mengusung tema yaitu “Sinergitas Satpam dan Polri Peduli Untuk Sesama”.

Kegiatan Upacara HUT Satpam ke- 42 ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusuma S.I.K., S.H.dan dihadiri juga tamu undangan Polisi Pamong Praja. Polsus Rutan. Polsus Kehutanan. Pemuda Pancasila. Perwakilan Penggunaan Jasa Satpam. Personel Polres Sanggau dan anggota Satpam di Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusuma. SH. S.I.K membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si.

Kapolri, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun ke- 42 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan (Satpam) dimanapun bertugas. Kapolri juga berharap, Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

“Terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia."

Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi, untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa,” Tutur AKBP Suparno Agus 

Lanjutnya, “Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dilingkunganmya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” Tegasnya 

“Dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial diberbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas seperti pada penanganan pandemi Covid- 19,” Ucapnya 

Kapolri juga berharap, anggota Satpam harus senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas. Junjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas satpam dimanapun berada. 

Tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan Satpam merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini