-->
    |



Bupati Sekadau Buka Acara Festival Budaya CU KK


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dalam rangka hari jadi CU Keling Kumang (CUKK) yang ke 30 tahun 2023, gerakan CU KK menggelar festival budaya yang berlangsung di Taman wisata alam Taman Kelempiau pada Kamis (23/3) 2023.

Taman Kelempiau memiliki luas lahan 100 Ha lebih dengan rincian 40 Ha dari luas hutan tersebut merupakan milik masyarakat dusun Tp.Semadak dan dusun Tp.Kemayau. Sedangkan sisanya seluas 60 Ha lebih merupakan milik CU Keling Kumang (CU.KK) kata ketua pengurus CUKK Stepanus Masiun.

Masiun menambahkan, kegiatan festival budaya ini di rangkai dengan kegiatan Iban Sammit II tahun 2023 dan sekaligus memeriahkan hari jadi CU KK ke 30 tahun yang jatuh pada tanggal 25 Maret 2023 dan akan dijadikan agenda tahunan CU KK

Sementara itu.ketua DAD kabupaten Sekadau Jefray Raja Tugam SE merasa sangat bangga dengan pelaksanaan kegiatan ini." Tentu tujuan penyelengaraan kegiatan festival ini adalah untuk melestarikan budaya, khususnya budaya Dayak" kata Jefray.

Dia juga berharap, kegiata ini bisa dilaksanakan sebagainagenda tahunan CU KK, kami sebagai ketua DAD siap mendorong. Karena tujuannya adalah sama yaitu ingin Sekadau menjadi lebih maju.

Bupati Sekadau Aron SH dalam sambutannya mengatakan CU KK telah banyak membantu pemkab di bidang ekonomi maupun pendidikan. Selaku pemerintah akan tetap mendukung gerakan CU KK kata Aron.

Kegiatan seperti festifal dan Gawai Dayak akan kita dorong untuk ditetapkan tanggal pelaksanaannya. untuk menarik minat turis manca negara.

"Harapannya even seperti ini bisa mendatangkan turis dari manca negara" ujar Aron salah satu contoh misyalnya gawai nyapat taun di Perongkan. Karena sejak dulu sudah ditetapkan pada tanggal.1 Mei, jadi setiap tanggal 1 Mei orang sudah tau bahwa Perongkan Gawai kata Aron mencontohkan.

Dia menambahkan, dengan mendatangkan pemateri dari mancanegara tentu memberikan dampak ekonomi di Sekadau salah satunya adalah sektor perhotelan.

Aron juga berharap, keberadaan Institut  Keling Kumang (ITKK) kedepannya bisa menjadi Universitas Keling Kumang (UnivKK) dengan demikian Indek Pembangunan Manusia (IPM) kabupaten Sekadau bisa meningkat.

Selain itu dengan penyelengaraan Festival Budaya yang dilaksanakan di Taman Kelempiau ini, tempat ini akan semakin dikenal orang pungkas Aron.

Usai memberikan sambutannya, Aron secara reami membuka acara festival budaya CUKK yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali.(darno)




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini