|



Inilah Manfaat Sol Sepatu yang Perlu Anda Ketahui

 

Ilustrasi sepatu

Foto : Freepik

Saat memilih sepatu, selain melihat dari segi desain, hal lain yang harus diperhatikan adalah segi kualitas dan fungsi sepatu yang akan dibeli. Sepatu yang baik haruslah memiliki fungsi untuk melindungi kaki dan terasa nyaman saat digunakan.

Kenyamanan sepatu juga ditentukan oleh pemilihan sol sepatu yang tepat. Karena itu, bagian sol juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Bagian ini umumnya berbahan lembut dan lunak seperti karet dan material sejenisnya.

 Manfaat Sol Sepatu

 Manfaat sol sepatu terutama untuk meredam benturan di kaki dan juga melindunginya dari benda tajam. Selain itu, pemilihan sol yang tepat akan berpengaruh pada kesehatan keseluruhan kaki, melingkupi perut, paha, betis, hingga bokong. Lekuk kaki pun akan tersangga dengan baik sehingga beban tubuh tersebar merata mulai dari bagian ujung depan kaki hingga bagian tumit. Keseimbangan ini akan membuat kaki terhindar dari resiko cedera dan kaki pun menjadi tidak cepat lelah meski harus mengenakan sepatu tersebut dalam waktu berjam-jam. 

Sebagai bagian penting dari sepatu, sol terletak di bagian bawah telapak kaki yang biasanya terbuat dari beberapa jenis material pembuat sol yang berbeda.

 Jenis material sol yang umum dipakai untuk memproduksi sepatu terdapat empat macam dengan fungsi masing-masing, berikut rangkuman ulasannya untuk Anda.

  1. Rubber sole

Sesuai namanya, rubber sole merupakan sol yang terbuat dari karet dan menjadi salah satu sol yang paling banyak digunakan dalam pembuatan berbagai jenis sepatu. Karet yang dipanaskan,  dicetak sesuai model sepatu yang akan dibuat. Keunggulan sol ini

adalah tahan air dan elastis, serta paling awet jika dibandingkan sol jenis lainnya. Material karet yang tergolong murah membuatnya banyak dipakai untuk membuat aneka jenis sepatu. Kekurangan dari sol ini merupakan jenis sol yang paling berat dibanding sol jenis lain. Teksturnya yang licin juga kurang baik jika digunakan untuk membuat sepatu olahraga.

  1. Thermoplastic Poly-Utherane (TPU)

Jenis sol ini terbuat dari material plastik polimer yang dicetak dengan suhu panas yang tingkat kepanasannya sudah disesuaikan. Solnya yang memiliki bantalan membuat penggunanya merasa nyaman. Karena itulah sol jenis ini sangat cocok untuk digunakan memproduksi sepatu olahraga terutama sepatu lari. Teksturnya yang lembut dan fleksibel, membuat sol ini memiliki bobot yang sangat ringan juga kuat dan cocok digunakan di segala medan. Kelemahan sol ini hanya terletak pada harganya yang mahal.

  1. Thermo Plastic Rubber Sole

Perbedaan sol ini dengan sol jenis lain yaitu teksturnya yang keras dan kasar. Hal ini dikarenakan bahan dasar materialnya yang terbuat dari bahan karet mentah yang terlebih dulu dicairkan kemudian dicetak menjadi sol sepatu. Sol ini sangat cocok untuk membuat sepatu gunung karena mampu membuat penggunanya terhindar dari slip saat melalui jalan yang licin karena air ataupun lumpur. Kekurangannya hanya terletak pada bentuk sol yang kurang elastis yang dikarenakan bahan dasar pembuatannya terbuat dari karet yang dicampur dengan plastik.

  1. Ethyl Vinyl-Acetate (EVA)

Sol jenis ini sering dipakai pada sepatu jenis sneakers. Sol sepatu ini merupakan sol terbaik karena dianggap sebagai sol sepatu  paling nyaman serta dapat diatur ketebalannya. Karena sifatnya yang sangat lembut dan fleksibel, material sol ini tidak hanya diperuntukkan untuk bagian solnya, tapi juga dipakai untuk bagian luar sepatu. Karena sangat lembut dan fleksibilitasnya, sol ini dianggap paling mampu menahan guncangan dan banyak digunakan untuk membuat sepatu basket, sepatu lari, dan jenis olahraga lainnya.

Sekarang setelah Anda mengetahui beragam jenis sol sepatu, bentuk dan juga fungsinya, tentunya Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih sepatu sesuai kebutuhan.

Untuk rekomendasi sandal dan sepatu berkualitas yang menawarkan kenyamanan penggunanya, Hush Puppies bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani aktivitas harian Anda. Ragam desainnya yang chic dan kasual, bisa dengan mudah Anda pilih melalui aplikasi Blibli sebagai mall online shopping no.1 di Indonesia. Tanpa harus repot, cukup klik aplikasinya, sepatu dan sandal idaman dengan cepat dikirim ke alamat Anda tentunya dengan beragam penawaran harga terbaik, voucher gratis ongkir serta jaminan produk asli dan berkualitas.

 

 

 

 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini