|



Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Pengerajin, Dekranasda Banyumas Kerjasama Dengan Dekranasda Sanggau

Foto: Penandatanganan Kerjasama Dekranasda Banyumas Dengan Dekranasda Sanggau di Aula I Kantor Bupati Sanggau

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Berada di daerah perbatasan Malaysia yang memiliki kekayaan produk unggulan berupa seni kriya atau kerajinan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sanggau memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina, serta mendorong perkembangan berbagai potensi. Hal tersebut disampaikan Sekertaris Dekranasda Sanggau Silvester Roy, pada saat penandatanganan kerjasama Dekranasda Kabupaten Sanggau dan Dekranasda Kabupaten Banyumas di Aula I Kantor Bupati Sanggau, Seni, (13/3/2023).

"Dekranasda Kabupaten Sanggau Dorong Pengembangan Industri Kerajinan." Ketua Dewan Kerajinan Nasional Banyumas (Dekranasda) Erna Setyawati Achmad Husein menyambut baik rencana kerjasama ini, didampingi pengurus Dekranasda Kabupaten Banyumas juga kepala SKPD terkait yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan serta para pengusaha UMKM di Kabupaten Banyumas.

Ketua Dekranasda Sanggau Arita Apolina mengucapkan terima kasih kepada segenap pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Sanggau, atas dukungan, kerja sama, dan kerja kerasnya dalam rangka menumbuhkembangkan kerajinan Sanggau melalui Dekranasda. 

Istri Bupati Sanggau ini mengajak agar terus meningkatkan kerja sama yang konstruktif, harmonis dan sinergis, dalam rangka pelestarian, penumbuhan dan pengembangan industri kerajinan di Kabupaten Sanggau. 

“Tujuan dibentuknya Dekranas adalah sebagai mitra pemerintah dalam membantu, membina, serta mengembangkan kerajinan. Sebagai lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah, dekranasda diharapakan bisa menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat sekaligus bisa mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya daerah,” jelasnya

Arita mengajak segenap Pengurus Dekranasda untuk tidak mengenal lelah, tetap semangat dalam mengemban amanah yang sangat mulia ini. 

“Saya juga berharap, segenap pengurus dan anggota Dekranasda bisa bersinergi, berkolaborasi, gotong royong, sebagai sebuah team work yang solid bahkan super team yang hebat untuk mengembangkan dan melestarikan industri kerajinan di Kabupaten Sanggau, serta melakukan pembinaan kepada masyarakat pelaku industri kerajinan yang selama ini juga turut berperan dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan,” tambahnya

Menurut Arita melalui kerjasama ini, pembinaan yang terintegrasi dan kontinyu, diharapkan industri kerajinan di Kabupaten Sanggau bisa tumbuh bahkan lebih berkembang, dan memiliki daya saing, sehingga mampu bertahan bahkan berkompetisi dengan produk kerajinan dari daerah lain, yang bermuara pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraannya.  

“Perlu diingat, IKM kerajinan merupakan potensi yang cukup strategis bagi pengembangan ekonomi lokal, karena tumbuh dari hasil karya seni dan nilai-nilai budaya daerah. Pada sisi yang lain, tumbuh kembang IKM yang tersebar di segala penjuru Kabupaten Sanggau, merupakan potensi yang besar untuk mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan, sekaligus untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku IKM / UKM,” lanjutnya

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan, sebagai mitra pemerintah, Dekranasda memiliki tugas untuk menggali serta melestarikan warisan tradisi dan budaya bangsa yang tercermin pada berbagai produk kerajinan yang hampir tersebar di seluruh Sanggau. Supaya tercipta regenerasi sumber daya manusia perajin yang unggul, maka diperlukan sentuhan berupa pelatihan, pembinaan, pemasaran, dan pengembangan.

“Untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global, diperlukan inovasi, kreatifitas, dan hubungan baik dengan berbagai lembaga,” katanya.
Seiring perkembangan digital yang semakin pesat, PH sapaan akrabnya berharap Dekranasda bisa membina kelompok-kelompok usaha untuk memanfaatkan teknologi. Hal ini diperlukan agar mampu meningkatkan daya saing serta memperluas akses bagi IKM/UMKM.

“Untuk menghadapi pasar global yang semakin kompetitif, jadikan pelantikan pengurus ini sebagai momentum untuk meneguhkan tugas dan tanggung jawab mengembangkan industri kerajinan Sanggau,” imbuhnya.(Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini