|



Sandea Sebut Progam SPKS Sejalan Dengan Program Unggulan Pemkab Sekadau.

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Perternakan (DKPPP)kabupaten Sekadau Drs.Sande M.Si mengatakan,bahwa sejatinya pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan apa yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Kelapa Sawit (SPKS).

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pelatihan Good Aglicurture Practise (GAP) bagi petani yang dilaksanakan oleh SPKS, Rabu (29/03) 2023 di Aula hotel Multi.Sekadau.

Selain membantu pembinaan petani swadaya, program yang dilaksanakan oleh SPKS juga sejalan dengan program Pemkab Sekadau yaitu Infrastruktur, Perkabunan, Pertanian dan Perikanan Untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K).

Sebagai bentuk dukungan pemerintah kata dia, Pemkab Sekadau telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) untuk menyukseskan program sawit berkelanjutan dan mandatori ISPO.

"Pemkab Sekadau telah mengeluarkan Perbup untuk mendukung RAD yang digagas oleh SPKS," kata Sande.

Hal ini dilakukan untuk menuju kearah mandatori ISPO, sebab untuk bisa ISPO anggota kelompok tani harus memiliki Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB). Oleh karena itu, pemerintah daerah mendorong petani untuk mengajukan penerbitan STDB agar buah petani dibeli dengan harga sesuai dengan ketetapan pemerintah. 

Sedangkan syarat untuk mengajukan penerbitan STDB adalah legalitas lahan, legalitas petani (KTP dan KK) legalitas bibit, dan titik koordinat lahan. Jika semua persyaratan tersebut terpenuhi maka STDB dapat diterbitkan secara gratis ungkap Sande.(darno)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini