-->
    |

Polres Kapuas Hulu Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Kapuas-2023, Wakil Bupati Bacakan Amanat Kapolri

 


Putussibau,Kapuasrayatoday.com - Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar menggelar apel gelar pasukan operasi Ketupat Kapuas-2023 di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Senin (17/4/2023).

Apel gelar pasukan operasi Ketupat Kapuas-2023 tersebut dipimpin oleh Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, SIK, bersama Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, ST, dengan pembicara Dandim 1206/Psb Letkol Inf. Sri Widodo, Danyonif RK 644/Wls Letkol Inf. Benu Supriyantoko, PJU Polres Kapuas Hulu, Kasat Pol PP Kabupaten Kapuas Hulu Bahtiar, SP, M.Si, Kajari Putussibau, Ketua Pengadilan Negeri Putussibau, Kepala Dinas PUPR, Dansubdenpom XII/1-6 Putussibau, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BMKG, Kepala Kemenag dan Ketua FKUB Kabupaten Kapuas Hulu serta undangan tamu lainnya.

Sedangkan untuk peserta apel gelar pasukan terdiri dari Kapolsek jajaran Polres Kapuas Hulu, personil Polres Kapuas Hulu, personil Kodim 1206/Psb, personil Batalyon RK 644/Wls, personil Sat Pol PP, personil Dinas Perhubungan, BPBD, personil Den POM XII/1-6 Putussibau, Saka Bhayangkara dan TRC Kwarcab Kapuas Hulu.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas-2023 ini diawali dengan laporan dari komandan apel kemudian dilanjutkan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan personil, selanjutnya pembacaan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, S.T., menyebutkan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2023 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan mengambil tema "Apel Gelar Pasukan Operasi KETUPAT-2023 MUDIK AMAN BERKESAN".

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2023 dimana operasi akan diselenggarakan selama 14 hari sejak tanggal 18 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023," kata Wakil Bupati.

Selanjutnya, disampaikan Wakil Bupati saat membacakan amanat Kapolri bahwa dalam operasi Ketupat tahun 2023 ini tidak kurang sebanyak 148.261 personil gabungan dilibatkan, yang terdiri dari TNI-Polri serta Kementrian terkait. Para personil tersebut akan di tempatkan di 2.787 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di seluruh Indonesia.  

Selain itu, sebelum pelaksanaan operasi, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) yaitu dari tanggal 10 April sampai dengan 16 April 2023, KRYD dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi jelang Operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, dan petasan.

"Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H," ujar Wakil Bupati.

Kemudian, Wakil Bupati menyampaikan diperkirakan bahwa potensi pergerakan masyarakat pada tahun ini akan mengalami peningkatan, oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi KETUPAT-2023. 

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat-2023 tersebut diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga kita dapat memastikan kelancaran perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan "Mudik yang Aman dan Berkesan begitu pula pada saat arus balik," ujar Wakil Bupati

Selesai pelaksanaan Apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral yang di gelar di ruang aula Mapolres Kapuas Hulu.(hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini