|



Family Support Group Upaya Lapas Narkotika Karang Intan Bebaskan Residen Rehabilitasi Dari Jeratan Narkoba


 Karang Intan, Kapuasrayatoday.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, gandeng Yayasan Roemah Pelita Bangsa langsungkan kegiatan Family Group Support sebagai salah satu upaya untuk membebaskan Warga Binaan residen rehabilitasi terlepas dari ketergantungan narkoba, Selasa (9/5) 2023 .

“Pelaksanaan rehabilitasi sudah berjalan dari bulan Januari hingga saat ini, ada satu sesi di mana kewajiban untuk keluarga hadir di tengah-tengah peserta rehabilitasi, yang tujuannya saling mendukung dan memperkuat Warga Binaan kami agar semangat menjalani program hingga tuntas,” ucap Kepala Lapas Wahyu Susetyo menyampaikan salam.

Di hadapan keluarga residen rehabilitasi yang hadir pada kegiatan family group support tersebut Kalapas menambahkan, peran aktif dan dukungan keluarga menjadi peran besar dan sangat dibutuhkan bagi residen rehabilitasi untuk pulih dari keadaan adiktif menjadi pribadi yang lebih baik.

“Kita bisa membayangkan, ketika keluarga mengabaikan keadaan kalian di sini, tentu merasa sedih, sakit hati dan kecewa serta prustasi. Oleh karena itu tetap jaga komunikasi, terus beri dukungan, karena berada di sini bukan akhir dari segalanya melainkan awal dari segalanya, rutinlah berkomunikasi dan berkunjung, kedatangan Bapak/Ibu di sini merupakan kebahagiaan bagi Warga Binaan,” tambah Kalapas.

140 Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan menjadi residen program rehabilitasi dan mengharuskan mereka mengikuti keseluruhan program selama satu semester atau enam bulan. Hadir langsung kelompok pendukung keluarga significant others atau orang-orang terdekat mendukung satu sama lain dalam menghadapi masalah adiksi yang terdiri dari keluarga inti, keluarga sekunder, dan sosial inti.

Pemateri pada kegiatan family group support memaparkan berbagai hal mengenai codependency yang relevan dengan kondisi mereka saat ini, di mana keluarga mereka sedang mengalami permasalahan berhubungan dengan penyalahgunaan narkoba.

“Codependency adalah suatu kondisi di mana orang-orang yang dekat di sekitar sang pengguna menjadi sangat terobsesi untuk memperbaiki keadaan si pengguna narkoba. Seorang yang codependency memiliki kesamaan-kesamaan cara berpikir dan sikap yang jika tidak mulai dikenalkan dan dirubah akan membuat masalah yang ada berlarut-larut dan bertambah parah,” ujar pemateri dari Yayasan Roemah Pelihat Musthofa Kamal.(tim)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini