|

Wabup Subandrio Buka Bimtek Percepatan Gerakan Tiga Kali Ekspor Bersama Yessi Melania

 

Anggota Komisi IV Yessi Melania SE saat memberikan arahannya kepada kelompok tani milenial

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil bupati Sekadau, Subandrio SH.MH

Bersama Anggota Komisi IV DPR RI Yessi Melania SE membuka dan menghadiri kegiatan Bimtek percepatan gerakan tiga kali Eksport (Gratieks) yang berlangsung di aula hotel Vinca Borneo jalan Mawar Sekadau Senin (15/5) 2023.

Kegiatan tersebut juga di hadiri Plt kepala balai karantina Entikong

drh. Amir Hasanudin. Amir menentukan, untuk memenuhi kriteria eksklusif kita harus memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu. Selain itu, kualitas dan kwantitas juga harus terjaga. "Eksport itu harus memenuhi persyaratan - bersyarat tertentu" kata Amir..Di kalbar, ekspor kita pada tahun 2021 mencapai Rp.4,45 T.

Dari jumlah tersebut, 85 persennya di sumbangkan dari sektor pertanian dan perkebunan. Salah satunya adalah buah durian yang sudah di kemas dalam bentuk pasta, kelapa, sawit beserta turunannya, lada, cangkang sawit, gula merah, semangka, pisang,jahe dan masih banyak lagi komuditas lainnya kata Amir.

Dengan adanya dukungan dari komisi IV DPR RI kita berharap kedepan, angka ekspor kita di Kalbar bisa lebih meningkat.

Di tempat yang sama, Wabup kabupaten Sekadau Subandrio SH.MH menyebutkan,83 persen penduduk kabupaten Sekadau adalah petani.

Tapi mengapa kita belum sejahtera? 

Sebagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat, kami pemkab Sekadau membuat program unggulan yang kami sebut IP3K (imprastruktur, pertanian, peternakan, perikanan untuk kesejahteraan masyarakat). 

Program tahun depan kami akan membantu sekitar 20 kelompok tani sayuran. Kepada PT.Entikong Petani Jaya kita berharap bisa membantu petani kita untuk menghasilkan produk pertanian secara berkelanjutan.

Kepada ibu Yesai kami ucapkan terima kasih atas bantuannya untuk kabupaten Sekadau dengan program - programnya.

Wabup yakin dengan bimtek ini bisa menambah wawasan dan ke ahlian para petani kaum milenial.

Anggota komisi IV DPR RI Yessi Melania SE. Potensi pertanian di Kalbar melimpah, semua komoditas pertanian di kalbar ada.

Kepada kaum milenial Yessi berharap bisa hidup sejahtera dari bertani. Dengan bertani kita bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan eksport ucapnya.

Yessi berharap petani mileni bisa memanfaatkanlah pasilitas yang sudah di bantu oleh pemerintah.

Kegiatan tersebut juga dihadirj para ketua kelompok tani sayur dan tanaman pangan di kabupaten se -  Sekadau (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini