|

Bupati Sekadau Serahkan Secara Simbolis Bibit Sawit Unggul Program IP3K

 

Aron saat melepas keberangkatan secara seimbolis bibit sawit 

Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Bupati Sekadau Aron SH menyerahkan secara simbolis 73.438 batang bibit kelapa sawit ungul kepada 27 kelompok tani dari 21 desa di 7 kecamatan di kabupaten Sekadau.

Kegiatan tersebut berlangsung di lokasi penangkaran bibit kelapa sawit unggul milik CV Taka Sima di desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau hilir Senin (17/7) 2023.

Kepala dinas DKP3 kabupaten Sekadau dalam laporannya menyebutkan, penyerahan bantuan bibit Pre-Nursery dan siap tanam ini merupakan implementasi dari program ungulan pemerintah kabupaten Sekadau yaitu Infrastruktur, perkenunan pertanian dan perikanan untuk kesejahteraan masyarakat (IP3K) yang dilaksanakan oleh dinas ketahan pangan, pertanian dan perikanan kabupaten Sekadau.



Sebelum pembagian bibit unggul ini, lanjut Sandae, dinas DKP3 memulai kegiatan dari ekspos kegiatan, pertemuan dan verifikasi, konsultasi, hingga sosialisasi pada kelompok tani penerima bantuan yang dilaksanakan di setiap kecamatan.

Selanjutnya petugas penyuluh lapangan (PPL) melakukan verifikasi bersama terhadap kesesuaian kelembagaan, domisili pekebun dan kesesuai lahan.



Kemudian kelompok tani pengusul harus sudah terdaftar dalam sistem impormasi penyuluhan pertanian (Simluhtan) terang Sandae.

Sandae menambahkan, bantuan kali ini merupakan yang kedua kalinya sejak digulirnya program IP3K tahun 2022. Tahap pertama pada tahun 2022 terdapat 15 kelompok tani yang berada di 13 desa dengan jumlah bantuan sebanyak 36.000 bibit atau setara dengan 276 hektare.



Sedangkan tahap.kedua diserahkan bibit Pre-Nursery sebanyak 73.438 batang untuk 27 kelompok tani di 21 desa dengan luas sekitar 547 hektare kata Sandae.

Benih yang dikenakan juga sudah memenuhi standar dan diberi label oleh lembaga yang berkompeten yaitu unit pengawasan dan sertifikasi benih perkebunan (UPSBP) provinsi Kalimantan Barat kata sandae menjelaskan.

Ditempat yang sama, bupati Sekadau Aron SH mengatakan, penyerahan bibit siap tanam tahun ini adalah yang ke 2 untuk yang kedua kalinya. Tahun ini ada 73.438 batang yang akan kita bagikan.

Ini adalah salah satu implementasi program ungulan kita yaitu IP3K. Bantuam ini adalah bantuan stimulus.



Aron berharap agar petani yang mendapatkan bantuan ini dapat menanamnya dengan benar.dengan teknik berkebun yang benar agar bisa berproduksi dengan baik.  

Aron juga mengatakan, bantuan.ini

akan kita gulirkan secara bertahap.

Kepada kelompok tani penerima bantuan supaya di manfaakan dengan benar. Sebelum ditanam, bibit ini sebelum ditanam ke dalam poliback Main-Nursery yang telah dibagikan agar dirawat dengan baik kata Aron.

Kepada dinas tekhnis Aron berharap supaya melalukan pembiaan kepada kelompok tani penerima agar dapat berhasil dengan baik

Kepada petani Aron juga berharap agar ditanam dan dirawat dengan benar.

Usai memberikan arahannya, Aron menyerahkan secara simbolis bibit sawit kepada 27 ketua kelompok tani. Kegiatan tersebut juga meliputi anggaran DPRD dari fraksi Gerindra Yodi Setiawan, perwakilan dari Danramil Sekadau, perwakilan dari Polres Sekadau, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Sekadau, para Camat, kades dan para PPL serta tamu undangan lainnya..(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini