|

Cegah Stunting, Bhabinkamtibmas Polsek Mentebah Hadir Dalam Kegiatan Posyandu Di Desa Binaannya

 


Putusibau,Kapuasrayatoday.com  - Bhabinkamtibmas Polsek Mentebah, Polres Kapuas Hulu, Polda Kalbar, Brigpol Sy. Abdullah hadir dalam kegiatan Posyandu di Desa binaannya pada hari Sabtu 5 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula balai Posyandu Kenanga Desa Tanjung yang menjadi salah satu upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting di Desa Tanjung, Kecamatan Mentebah.

Hadir dalam kegiatan tersebut petugas kesehatan dari Puskesmas Mentebah yaitu antara lain Nurkasri Erfina, Amd.Keb, Sudarmiati, Amd Gz, Aulidia S.Farm.Apt, Avi Vania Amd.Keb, Nelia Amd.Kep, Ns. Puniomo S.Kep, Josua, SKM, Ismail Saputra, M.Kes, Hajijah Apriyanti, SKM.

Tampak hadir juga Kanit Binmas Polsek Mentebah, Bripka Ibrahim, Kades Tanjung Hilarius Abas serta KPM dan Kader Posyandu Kenanga Desa Tanjung Kecamatan Mentebah.

Bhabinkamtibmas Polsek Mentebah Brigpol Sy. Abdullah menyampaikan adapun rangkaian kegiatan Posyandu tersebut yaitu pemeriksaan stunting bayi balita dengan mengukur tinggi badan dan berat badan, pemberian Vitamin A untuk anak umur di atas 6 bulan dan pemberian makanan akan tambahan bergizi serta pemeriksaan ibu hamil.

Sedangkan tindakan promotif dan preventif untuk pencegahan dan penurunan stunting adalah dengan pemberian makanan tambahan bergizi berupa bubur kacang hijau untuk ibu dan anak dan pemberian vitamin A dan obat cacing untuk anak.

"Pengadaan alat ukur tinggi badan sebagai media untuk pendataan stunting, penyediaan air bersih dan sanitasi, pendidikan tentang pengasuhan anak dan peningkatan kapasitas KPM dan Kader Posyandu dan pendidik anak usia dini serta pencegahan dan penurunan stunting lainnya sesuai dengan kewenangan desa," kata Brigpol Sy. Abdullah.

Ditempat terpisah, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Mentebah AKP Iwan Gunawan Dana menyampaikan bahwa hadirnya anggota Bhabinkamtibmas pada kegiatan posyandu di desa binaannya adalah sebagai wujud kepedulian Polri terhadap kesehatan masyarakat serta mensukseskan program pemerintah.

Selanjutnya, AKP Iwan menyampaikan bahwa selain menghadiri kegiatan posyandu sekaligus bersilaturahmi dan menyambangi ibu hamil dan juga warga yang memiliki anak balita adalah dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting.

"Kita akan selalu berikan edukasi kepada warga pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi anak dan ibu hamil untuk hindari terjadinya pertumbuhan yang tidak normal terhadap warga kita," ujar AKP Iwan Gunawan Dana.(hms)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini