|



DKP3 Sekadau Lakukan Monev dan PUP Ke PT GUM, Ini Kegiatannya

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Tim Indeks K kabupaten Sekadau kembali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Grand Utama Mandiri (PT.GUM) senin (28/8) 2023. 

Kedatangan tim Monev tersebut adalah dalam rangka upaya penertibkan carut marut tata niaga Tandan Buah Segar (TBS) di kabupaten Sekadau. 

Kegiatan Monev dilakukan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara 8 PKS dan pemerintah daerah kabupaten Sekadau pada 12 Juli 2023 lalu.

Dalam paparannya, ketua rombongan tim monev Paulus Rimus meminta kepada PKS PT.GUM untuk menyampaikan data mengenai sumber buah,termasuk patani swadaya yang menjadi mitra PKS PT.GUM dan data rendemen.kata Rimus. Selain itu keberadaan RAM/ Vendor dilingkungan IUP PT.GUM juga kita perlukan datanya ucap Rimus.

Data tersebut diperlukan untuk melihat keseriusan pihak PKS menjalankan kesepakatan yang telah kita sepakati bersama beberapa waktu lalu.

Kita berhapap PKS tidak menerima buah dari pihak ketiga sambujgnya.

Harapannya dengan tidak diterimanya buah dari pihak ketiga/vendor maka dengan sendirinya RAM/Vendor secara perlahan akan hilang dengan sendirinya ucapan Rimus.

Selain itu, melalui kemitraan baik dengan petani swadaya kita juga secara perlahan menutup ruang untuk pendirian PKS tanpa kebun. Untuk itu, kami berharap dukungan dari semua PKS yang ada sambung Rimus.

Sementara itu, salah satu pimpinan PT.GUM menyebutkan, selama ini belum menjalin kemitraan dengan petani swadaya. Selama ini TBS yang kita olah masih bersumber dari kebun sendiri dan kebun plasma.

Menyikapai kondisi investasi kami di kabupaten Sekadau, kami tetap berkoordinasi dengan pemkab agar di lapangan tidak terjadi komplikasi yang dihasilkan.



Selain melakukan monev PKS, kegiatan juga dirangkai dengan penilaian usaha perkebunan (PUP). Dalam kegiatan tim PUP yang dipimpin PLH kabid Perkebunan Rahim SP melakukan peninjauan ke pembibitan (Prenursery dan Main Nursery), menara pantau, Embung udara, pemadam kebakaran dan kolam limbah. Rahim mengatakan kegiatan seperti ini dilakukan secara rutin dalam rentang waktu tertentu mengungkapkannya. Dalam melakukan monev, DKP3 kabupaten Sekadau juga melibatkan SPKS kabupaten Sekadau. (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini