|

Pemkab Sekadau Tanggung Semua Biaya Pengobatan Korban Jembatan Roboh

 

Wabup Subandrio saat memimoin rapat terkait penanganan korban jembatan ambruk

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Pemerintah daerah Kabupaten Sekadau menggratiskan pengobatan korban insiden jembatan gantung Mentukak yang ambruk pada Kamis sore, 17 Agustus 2023. 

Hal ini mengajukan Wakil Bupati Sekadau, Subandrio SH.MH saat mengecek kondisi korban, Jumat, 18 Agustus 2023. 

Saat melakukan pelapisan, Wabup Subandrio didampingi Kapolres Sekadau sert Kepala Dinas terkait telah ke lokadi kejadian. Dengan cepat Pemda Sekadau juga melakukan rapat untuk mengambil langkah terkait kejadian tersebut. 

"Terhadap korban 32 orang, luka serius lima orang patah tulang, pemerintah daerah menggratiskan pengobatannya. Jadi, di RS siap merawat korban, satu (korban) sudah membayar ke Pontianak," kata Subandrio saat wawancara usai rapat di aula kantor camat Nanga Taman.

Dari total 32 korban insiden jembatan ambruk tersebut lanjut Subandrio, 11 di antaranya masih sekolah. Pemda Sekadau juga memberikan dispensasi, yakni tidak masuk sekolah selama masa perawatan.

Subandrio mengatakan, berkaitan dengan jembatan dari Dinas Perkim sudah melihat secara langsung kondisinya. Pihaknya akan melakukan renovasi pasca-ambruknya jembatan tersebut.

"Sebenarnya jembatan ini tidak banyak yang rusak, dari segi bangunan hanya lepas kaitan slingnya. Oleh karena itu akan kita renovasi," ungkapnya.

Selain itu, Pemda Sekadau dan Pemprov Kalbar akan memberikan bantuan kepada 32 korban. Bantuan itu nantinya akan dikoordinir oleh BPBD. 

"Bahkan yang menjadi tulang punggung keluarga bisa kita berikan lebih intensif untuk beberapa hari ke depan karena dia tidak bisa noreh, tidak bisa kerja sawit karena luka. Tentu ini menjadi perhatian pemda," jelas Subandrio.

Pasca-ambruknya jembatan gantung Mentukak, kata Subandrio, pihaknya tentu mendukung masyarakat Sekadau untuk menyemarakkan HUT ke-78 RI dengan meriah. Ia menilai momen 'Agustusan' ini disambut oleh masyarakat dengan euforia yang luar biasa.

"Tapi harus hati-hati melihat sekeliling, memperhatikan keamanan. Ini yang paling penting. Cek betul-betul," pungkasnya.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini