|

Ribuan Umat Paroki St.Petrus dan Paulus Sekadau Tumpah Ruah Ikuti Pawai BKSN 2023

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com -  Bupati Sekadau didampingi Uskup Sanggau - Sekadau Mgr. Valentinus Saeng CP membuka secara resmi kegiatan peringatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) di Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau hilir, Rabu (27/9) 2023 di Betang Youth Center.

Dalam arahannya mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan Barat ini mengucapkan selamat memperingati BKSN bagi umat di paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan BKSN kiranya bisa dijadikan momentum bagi umat Katolik untuk lebih cinta dan terus membaca Alkitab kata Aron.

Kini kata dia zaman sudah jauh berkembang, saat ini kita sudah memasuki era digitalisasi, semuanya kegiatan hampir bisa dilakukan dengan acara digital, misalnya rapat via zom metting bisa dilaksanakan meskipun dari tempat yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa zaman sudah berubah dan kita harus mau tidak mau mengikuti arus ini ungkap Aron.

Namun demikian, meskipun zaman sudah berubah dan beralih ke zaman digital, namun iman kita kepada Tuhan harus terus berkembang tidak boleh surut.

"Zaman boleh berkembang namun keimanan kita kepada Tuhan harus ikut berkembang pula, jangan zaman canggih kita tidak percaya Tuhan lagi, ini yang bahaya,"kata Aron.

Ia juga berpesan kepada pemimpin umat di stasi-stasi yang ada untuk terus mengajak umatnya agar setiap Minggu jangan sampai Gereja kosong tidak ada kegiatan ibadah, hal ini jangan sampai terjadi.

Aron mengingatkan bahwa kegiatan BKSN adalah agenda rutin yang dilakukan setia bukan September, bahkan secara Nasional BKSN dilaksanakan di mana setiap keuskupan dan Paroki seluruh Indonesia. Begitu juga di kabupaten Sekadau, bahkan di setiap Paroki saat pelaksanaan BKSN umatnya selalu mengikuti, hal ini membuat semangat kami dari pemerintah daerah.

"Selamat melaksanakan kegiatan BKSN, pemerintah daerah tetap mendukung kegiatan keagamaan seperti ini," tutupnya.

Sementara itu Uskup Sanggau -Sekadau Mgr Dr Valentinus Saeng,CP dalam sambutannya mengatakan, dirinya mengucapkan selamat kepada umat di paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau hilir yang sedang melaksanakan kegiatan BKSN. 

Kiranya kegiatan ini bisa menjadi momentum bagi umat Katolik untuk menghayati iman kepada Tuhan.

Laksanakan kegiatan ini dengan penuh sukacita jangan sampai kegiatan ini menjadi ajang untuk merugikan orang lain dan diri sendiri.

"Laksanakan kegiatan ini dengan baik, jangan merugikan orang lain dan diri sendiri," pesan Uskup.

Sementara itu ditempat yang sama Martinus, CP Pastor kepala Paroki Santo Petrus dan Paulus dalam sambutannya mengatakan bahwa tema BKSN tahun adalah "Allah Sumber Kasih dan Keselamatan" tema ini di kutip dari Kitab Nabi Yunus karena dalam kitab tersebut Nabi Yunus menyatakan penyelamatan oleh Tuhan.

"Umat di ajak untuk penyelamatan oleh Tuhan, agar iman umat semakin kokoh,"imbuhnya.

Selain itu lanjut dia, pada momen perayaan ini sebagai bentuk ajakan agar umat membiasakan diri untuk selalu rajin membaca Alkitab.

"Sebagai Pastor paroki saya banyak mengucapkan berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsihnya untuk mensukseskan kegiatan ini dan terutama kepada Pemda Sekadau,"ucapnya.

Selain itu ia juga berpesan kepada seluruh umat Katolik di wilayah Paroki Santo Petrus dan Paulus untuk tetap menjadi laskar Kristus agar bisa menerapkan kasih dan damai dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu ketua Panitia BKSN Abun Tono dalam paparannya mengatakan, bahwa pada hari ini merujuk puncak pelaksanaan BKSN tahun 2023 untuk paroki Santo Petrus dan Paulus.

Acara yang bertajuk Allah Sumberdaya Kasih dan Keselamatan dikutip dari Kitab Nabi Yunus bertujuan untuk memperkuat iman dan memahami ajaran Gereja. Kegiatan lanjut dia dilaksanakannya selama tiga hari yakni dari tanggal 27 September sampai 30 September 2023.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada BKSN kali ini, yakni misa Pembuka, Pawai Carnaval, Lomba Baca Alkitab, Mazmur, Ketekese dan lain-lain, untuk bidang olahraga kita dipertandingkan voly ball putra dan putri antar kring.



"Terimakasih kepada segenap panitia serta pihak yang terlibat sehingga acara ini bisa dilaksanakan, terima juga kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang telah membantu pembiayaan kegiatan ini,"ucapnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Anggota DPR RI Andrianus Asia Sidot, Sekda Muhammad Isa, Kapolres Sekadau, Dandim 1204 sgu-skd di wakili oleh Danramil Sekadau hilir, ketua TP PKK Ny Magdalena Susilawati Aron SP,. anggota DPRD kabupaten Sekadau Paulus Subarno, ketua MABM, Ketua MABT, seluruh kepala SKPD, serta beberapa undangan dari para tokoh masyarakat dan.para tokoh agama, (darno/*).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini