|

Selain Sosialisasi IP200, DKP3 Sampaikan Bahaya Rabies Dan PMK

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Sekadau melaksanakan sosialisasi IP200 di kelompok tani Glotado desa Setawar kecamatan Sekadau Hulu Kamis (14/9) di Setawar. 

Selain melakukan sosialisasi IP200 sebagai bentuk nyata program IP3K, Dimas DKP3 juga melakukan sosialisasi bahaya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi dan kambing, serta penularan Rabies melalui gigitan Anjing.

Disela-sela kegiatan tersebut, dinas DKP3 juga menyampaikan tentang bahaya PMK maupun Rabies. Kepala bidang Peternakan DKP3 kabupaten Sejadau Venansius Kecung menyampaikan, saat ini ada dua penyakit pada hewan yang sedang viral. Yaitu Penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyebaran Rabies melalui gigitan anjing." Saat ini ada dua penyakit yang disebabkan oleh hewan peliharaan, yaitu PMK dan Rabies" kata Kecung.

Pada penyakit PMK kata Kecung, meski tidak berbahaya bagi manusia, akan tetapi dapat menyebabkan kerugian bagi peternaknya. Sedangkan Rabis dapat mengakibatkan kematin pada manusia yang terkena gigitan aniing tambahnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada semua masyarakat jika ada yang terkena gigitan anjing supaya segera dibawa ke puskesmas terdekat untuk diberikan pertolongan sebelum ada gejala rabies..jangan tungu sudah terpapar rabies baru di bawa, karena kalau sudah terpapar rabies sulit untuk di tolong ujar Kecung.

Untuk.mengatasi persoalan tersebut, pihak akan terus melakukan vaksinasi untuk PMK maupun Rabies.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini