|

Bupati Dan Uskup Resmikan Gereja Stanto Petrus Stasi Biang Marau

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH bersama Uskup ke Uskupan Sanggau Mgr.Valentinus Saeng CP didamping Ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Aron SP meresmikan Gereja Santo Petrus Stasi Biang Marau Minggu (22/10) 2023.

Selain Uskup, kegiatan tersebut juga dihadiri ketua Komisi V DPR RI Lasarus S.Sos.M.Si, anggota Komisi X DPR RI Adrianus Asia Sidot, anggota DPRD kabupaten Sekadau Yohanes Ayub dan Hasan, serta sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Pastor Paroki Nanga Taman dan para suster.

Sebelum memasuki Gereja bupati dan rombongan disambut dengan prosesi adat setempat dengan injak telur dan pancung buluh muda. Untuk memasuki halaman gereja, rombongan di iringi dengan tarian daerah setempat.

Setelah memasuki halaman gereja, Uskup Mgr.Valentinus Saeng CP menerima kunci Gedung Gereja dari panitia pembangunan dan selanjutnya Bupati dan Uskup menandatangani sertifikat peresmian sebagai dokumen ke Uskupan. 

Selanjutnya bupati Sekadau membuka papan plang nama Gereja dilanjutkan dengan pemberkatan luar bangunan oleh Uskup Mgr.Valentinus Saeng CP.

Uskup mengingatkan, dengan diresmikannya Gereja ini, setiap.hari minggu gunakanlah Gereja ini untuk beribadat.jangan gereja ini hanya menjadi milik ibu-ibu dan anak-anak saja sementara bapaknya entah kemana ujar Uskup.

Uskup berharap gunakanlah Gereja ini sebagai tempat beribadat dan rawatlah supaya tetap terlihat indah dan nyaman digunakan kata Uskup memgingatkan.

Bupati Sekadau Aron SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah daerah kabupaten Sekadau setiap tahunnya selalu memberikan dana hibah untuk rumah ibadah semua Agama dan jumlahnya kita sesuaikan dengan kemapuan keuangan daerah dan disesuaikan dengan persentase jumlah penduduk umatnya ucap Aron.



Aron juga mengatakan bah keinginan pemerintah semua rumah ibadah dalam kondisi baik dan layak digunakan  sambung Aron.

Aron berharap, dengan bagusnya rumah ibadat, umat hendaknya juga harus rajin beribadat. Selain untuk beribadat, Gereja juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya pungkas Aron.

Dutempat yang sama, ketua Komisi V DPR RI Lasarus S.Sos.M.Si.mengucapkan terima kasih kepada bupati Sekadau yang telah bersedia mengikutsertakan dirinya dalam peresmian Gereja Santo.Petrus Stasi Biang Marau.

"Terimakasih kepada bupati Sekadau yang telah mengikutsertakan saya dalam kegiatan peresmian Gereja di stasi Biang Marau ini, ini merupakan pertama kali saya mengunjungi tempat ini" ucap Lasarus.

Lasarus menambahkan sebagian besar jalan menuju ke tempat ini (Biang Marau) sudah cukup baik. Namum masih ada beberapa ruas jalan yang masih perlu perhatian. Dia meminta kepada perusahaan perkebunan yang ada di sekitar wilayah ini supaya melakukan perbaikan jalan dengan mengunakan dana corporate social responsibility (CSR) kata Lasarus mengingatkan.


Pembangunan Gereja.


Ketua Pembangunan dan peresmia. Gereja Santo Petrus Biang Marau Libertus Seran ladam.laporannya menyebutkan, luas lokasi Gereja adalah  900 M2, sedangkan luas bangunan 184 M2 (8m X 23m).

Dana pembangunan

Total biaya pembangunan  adalah sebesat Rp.403.000.000 (Empat Ratus Tiga Juta).

Terdiri dari swadaya umat Rp.172 juta, bantuan Pemkab Sekadau sebesar RP. 200 juta, bantuan Ke Uskupan sebesar Rp.30 juta dan sumbangan para dinatur sebesar Rp.2 juta kata Libertus Seran.

Atas pembangunan Gereja tersebut Libertus Seran atas nama umat stasi Buang Marau mengucapkan terimakasih kepada pemkab Sekadau yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja ini, dan terimakasih juga kepada para donatur lainnya pungkas Libertus Seran.


Bantuan Lasarus. 


Saat menghadiri peresmian Gereja Stasi Biang Marau, Lasarus juga melihat masih terdapat kekurangan bagunan Gereja ini dari sisi candi. Untuk itu sebagai bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan umat  di stasi Biang Marau, kepada pempin umat Lasarus menyatakan akan membantu pembangunan candi beserta lonceng untuk kesempurnaan bangunan Gereja du stasi Biang Marau. (darno)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini