|



DKP3 Sekadau,Terima Kunjungan Study Visit Dari Bumdes Dan KUD Kapuas Hulu

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan (DKP3) kabupaten Sekadau menerima kunjungan study Visit dari petani mandiri di Bumdes Karya Mandala Makmur dari kabupaten Kapuas Hulu Selasa (3/10) 2023 di aula kantor DKP3 Sekadau.

Ketua Tim GIZ Syamsul Abidin dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa tujuan kunjungan adalah untuk melakukan studi banding tentang percepatan penerbitan STDB yang dilakukan oleh DKP3 kabupaten Sekadau terhadap Petani swadaya/petani mandiri.

Rombongan terdiri dari perwakilan perani swadaya dan lembaga pendamping (GIZ).

Kepala dinas DKP3 kabupaten Sekadau Drs. Sandae M.Si mengucapkan terimakasih atas kunjungan rombongan dari kabupaten Kapuas Hulu dan Kami.merasa bangga mendapat kunjungan ini. Ini adalah ajang untuk kita bertukar pengalaman lanjut Sandae.

Pemkab Sekadau kata Sandae sangat berkomitme terhadap sawit berkela jutan Ini dibuktikan dengan diterbitkannya Perbup 26/2022 tentang RAD.

Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) kata Sandae, merupakan syarat yang sangat penting dalam proses sertifikasi ISPO maupun RSPO.

Sekadau lanjut Sandae memiliki progran unggulan yang sejalan dengan hal teraebut, yaitu IP3K. Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan dan Perikanan untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, kepala bidang Perkebunan kabupaten Sekadau ifan Nurpatria dalam paparannya menyebutkan, sawit merupakan komuditas ungulan di Sekadau.. luas kebun sawit yang ada di kabupaten Sekadau ada sekitar 150 ribu Ha yang terdiri dari kebun milik perusahaan dan kebun petani swadaya.

Berkaitan dengan percepatan pemerbitan STDB dapat dilakukan dengan salah satunya adalah pendelegasian tugas dari pimpinan daerah (Bupati) kepada kepala dinas yang membidangi (Di Sekadau DKP3)

Selain itu pendataan dan pemetaan merupakan juga merupakan kunci percepatan penerbutan STDB kata Ifan.

Setelah menyampaikan paparannya, pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan foto bersama.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini