|



Kabid Perkebunan Sekadau Buka Kegiatan Pelatihan Pemetaan Lahan Sawit Anggota Koperasi

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Kepala dinas DKP3 kabupaten Sekadau melalui kepala bidang Perkebunan Ifan Nurpatria membuka kegiatan pelatihan pemetaan lahan kebun sawit anggota koperasi pekebun wilayah kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi yang berlangsung dingedung Ketaketik Jumat (13/10) 2023.

Tujuan kegiatan tersebut dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan pengurus KUD melakukan pemetaan lahan petani anggotanya. 

Swisto win manager smal holder dari lembaga Ekualizer yang menjadi inisiator kegiatan ini dalam Berbagai pengantarnya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengurus KUD dalam mengelola dan menghimpun data lahan petani anggitanya. Sebab saat ini tiada hari tanpa sawit. Hampir semua produk yang ada saat ini berbahan kelapa sawit. 

Saat ini Indonesia juga menjadi produsen sawit terbesar di dunia yaitu sekitar 47 persen kata Swisto Win.

Dia menambahkan, saat ini perhatian pasar global adalah asal usul produk atau biasa disebut restibility apakah berasal dari areal konplik, atau dari areal deporestasi.Sehingga tim Ekualizer mengambil peran pada industri perkebunan.

Dalam kegiatan ini mengapa memilih Sekadau sebagai tuan rumah pelaksanaan pelatihan karena di Sekadau telah ada petani swadaya penerima sertifikasi ISPO dan RSPO pertama di Kalbar. 

Selain itu, scara geografis Sekadau juga berada di tengah-tengah antara 4 kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi.

Kabid Perkebunan kabupaten Sekadau Ifan Nurpatria pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada tim Ekualizer yang telah memilih Sekadau sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan ini. Ini merupakan titik awal yang baik untuk meningkatkan kemampuan para pengurus KUD

Pemkab kata Ifan sangat mendukung kegiatan yang sangat bermanfaat ini, dan membuka secara resmi kegiatan pemetaan pelatihan ini.

Kegiatan dilanjutkan oleh pemateri dari tim Ekualizer yang di ikuti oleh sebanyak 28 KUD yang berasal dari 4 kabupaten yaitu Sanggau, Sekadau, Sintang dan Melawi. (sialan)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini