-->
    |



Panwascam Kapuas Sosialisasi Pemilih Pemula Di SMAN 3 Sanggau

Foto: Kegiatan Panwascam Kapuas Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula SMAN 3 Sanggau

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau melakukan Sosialisasi Pemilih Pemula di SMAN 3 Sanggau. Ketua dan Anggota Panwascam Kapuas, Bapak Iwan, Aloysius Apin, Siswanto Syahputra Menjadi Pembicara di SMAN 3 Sanggau Beliau menyampaikan pentingnya partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu serentak 2024 dan memaparkan tujuan dilaksanakan acara ini untuk mengenalkan pemilu kepada pemilih pemula agar dapat menjadi pemilih yang cerdas sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar.

Kepala Sekolah SMAN 3 Sanggau Ibu Wilda Ernita Menyambut baik Sosialisasi ini upaya untuk mensukseskan pemilu. Pemilih Pemula menjadi langkah awal untuk membentuk pelaksanaan demokrasi yang mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila, sebab kita ketahui bersama bahwa Pemilih Pemula nantinya akan menjadi pemilih Pemilu untuk periode berikutnya sehingga Pemilu mampu berjalan dengan baik dikarenakan pemahaman dan kesadaran yang mereka miliki akan pentingnya demokrasi yang sesuai dengan asas-asas Pancasila. Tuturnya

Iwan Ketua Panwascam Kapuas menjelaskan pemilih yang cerdas dan menumbuhkan masyarakat Madani di negara Indonesia yang mampu melaksanakan kehidupan sosial dan politik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila demi kesejahteraan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi yang diisi dengan pengenalan peserta partai politik, tahapan dan pelaksanaan serta tata cara menyalurkan suara dalam Pemilu 2024 tersebut untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024. Tutur Iwan

Aloysius Apin merupakan anggota panwascam kapuas yang membidangi Divisi P2 Humas, saat dikonfirmasi media, Jum'at 6/10/2023, menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilakukan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan PKPU nomor 03 Tahun 2022 Tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Umum Tahun 2024.

Menurut Aloysius Apin dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Panwascam Kapuas ada beberapa materi yang diberikan kepada para pemilih pemula diantaranya adalah tahapan pemilu Tahun 2024, tujuan Pemilu dan Asas Pemilu.

Aloysius Apin juga menambahkan di bulan ini sudah ada beberapa sekolah yang disambangi untuk kegiatan sosialisasi kepemiluan bagi pemilih pemula diantaranya SMAN 3 Sanggau

 
Masih ada beberapa sekolah lagi yang akan disambangi Panwascam Kapuas dalam Bulan Oktober ini untuk sosialisasi terkait kepemiluan bagi pemilih pemula” ungkap Aloysius Apin


Siswanto Syahputra  mengajak pemilih pemula untuk turut andil mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Dia pun mendorong para Siswa Siswi SMA yang sudah berumur 17 Tahun,  merupakan generasi milenial, berani kritis terhadap dugaan pelanggaran Pemilu 2024.

“Kalau ada orang melakukan berita hoaks ataupun politik uang misalnya, anak muda harus mampu kritis memantau. Mengawasi agar di lingkungannya tidak terjadi demikian,” ujar Siswanto Syahputra, dalam mendukung pemilu yang jujur adil dan bermatabat.

” Semoga dengan sosialisasi ini bisa berdampak terhadap peningkatan partisipasi pemilih, khusus bagi pemilih pemula, dan ini juga menjadi harapan bersama agar dapat menekan angka golput pada Pemilu 14 Februari 2024” Pungkasnya. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini