-->
    |

1.300 Guru Ikuti Seminar Pendidikan, Wabup Sekadau Subandrio Sebut Dunia Pendidikan Punya Andil Besar Untuk Naikan IPM


 Sekadau,Kapusarayatoday.com - 

Wakil Bupati Sekadau Subandrio,SH.MH membuka secara kegiatan talkshow 1300 orang guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Sekadau, Senin (27/11/2023) di Aula SMKNegeri 01 Sekadau.

Kegiatan talkshow tersebut selain untuk memperingati ke 78 Hari Guru Nasional (HGN) 2023 juga sekaligus di rangkai dengan seminar implementasi pendidikan implementasi kemerdekaan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan, pemerintah daerah sangat mendorong kegiatan talk show para guru ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023. Mudah-mudah dalam kegiatan seperti ini dapat menjadi sarana kita untuk terus membenahi dunia pendidikan. Sebagai guru kata wabup harus tau pokok pangkal masalah pendidikan agar kita bisa mencari solusi terhadap kendala Pendidikan. Saat ini indeks pembangunan manusia (IPM) kabupaten Sekadau berada di peringkat 13 dari 14 kabupaten /kota di provinsi Kalimantan Barat.

“Agar IPM kabupaten Sekadau bisa naik,maka dunia pendidikan punya andil besar untuk mendongkrak IPM,” kata Suban sapaan akrab wabup Subandrio SH.MH.

Mengapa IPM kita belum naik lebih lanjut dia, bahwa berdasarkan data yang rata-rata warga kabupaten Sekadau adalah tamat SD, data ini juga harus kita siasati, karena majunya sebuah daerah kwalitas pendidikan harus baik. 

Belum lagi angka putus sekolah di kabupaten Sekadau juga masih tinggi, hal ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama kata Subandrio.

Kedepan kita harus mencatat secara akurat berapa jumlah angka putus sekolah yang sebenarnya di kabupaten Sekadau. 

“Masalah ini harus kita tuntaskan, supaya dunia pendidikan di kabupaten Sekadau bisa naik,” katanya sambungnya.

Di tempat yang sama kepala dinas pendidikan kabupaten Sekadau Fran Dawal mengatakan, kegiatan seminar dan talkshow merupakan implementasi dari kurikulum merdeka bagi para guru. Jumlah peserta cukup banyak yang hadir pada hari ini ada sekitar 1300 orang guru, Mereka cukup antusias mengikuti kegiatan ini, meski mereka harus memberikan iuran untuk membiayai kegiatan ini kata Dawal.

“Kita ingin dunia pendidikan di kabupaten Sekadau maju dan berkwalitas,” ucap Dawal.

Pada kegiatan seminar menghadirkan juga beberapa narasumber dari Pontianak, bahkan seluruh ketua dan anggota PGRI jiga hadir. Menurut rencana kegiatan seminar ini diadakan selama dua hari yaitu Senin dan Selasa (27 -28) November 2023.(tim/darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini