|

Bupati Buka Acara Bahaupm Paguyuban Pakomo'an Binua Kanayatn

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron, SH membuka secara resmi kegiatan "BAHAUPM" Paguyuban Pakomo'an Binua Kanayatn dalam pemilihan ketua baru periode 2023-2028, Sabtu (18/11/2023) di gedung Kateketik Sekadau.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan,  paguyuban Pakomo'an sudah banyak membantu pemerintah, baik dari segi sosial maupun budaya, karena setiap momentum Gawai Dayak Paguyuban Pakomo'an selalu ikut serta membantu.

“Paguyuban Pakomo'an sudah banyak membantu pemerintah baik dari segi budaya maupun sosial, hal ini sangat positif dan begitulah tugas sebuah Paguyuban,” kata Aron.

Aron menambahkan, dengan caranya masing-masing setiap Paguyuban harus membantu pemerintah untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah, dan ikut serta menjaga agar situasi tetap kondusif di Sekadau, karena pada prinsipnya orang selalu memegang teguh dimana bumi dipijak di situ langit di junjung.

Aron juga meminta saat pemilihan ketua baru, mengutamakan musyawarah mufakat, siapapun terpilih yang terpenting yang bersangkutan bisa menjalani roda organisasi dengan baik sesuai keinginan para anggota.

Dalam setiap organisme pasti ada sedikit gejolak, hal itu biasa di alam demokrasi, pasti ada yang tidak bisa memuaskan semua pihak, hanya saja kita harus tetap menjalani roda organisasi. Dikatakan dia lagi, kita yang berada di kabupaten Sekadau pasti menginginkan agar kabupaten Sekadau bisa maju, untuk itu pemerintah daerah sudah melakukan berbagai cara dan upaya melalui visi dan misi agar kabupaten Sekadau bisa sejajar dengan kabupaten lain dalam proses Kalimantan Barat.

“Pemerintah berusaha untuk membantu sarana infrastruktur yang ada, sebab dengan infrastruktur yang baik maka kemajuan itu bisa tercapai,” kata Aron.

Ia juga selamat menjalankan BAHAUPM, semoga terpilihnya pengurus yang baik dalam menjalankan organisasi.

Sementara itu ditempat yang sama,

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) yang di wakili oleh sekretaris Isbianto dalam mengatakan, bahwa paguyuban Pakomo'an bersama ormas lainya bisa hadir dalam rangka membantu menyukseskan pembangunan di kabupaten Sekadau.

Selama ini paguyuban Pakomo'an sudah sangat membantu pihak DAD jika ada kegiatan Akbar seperti Gawai Dayak, bukan hanya itu Paguyuban Pakomo'an juga sudah banyak membantu hal-hal sosial di kabupaten serta bidang budaya. Bahkan Paguyuban Pakomo'an juga mampu bersinergi dengan ormas lainya di kabupaten Sekadau, hal ini sangat membantu DAD dalam segala hal, sebab sejatinya ormas yang berlatar belakang perkumpulan suku merupakan aset Daerah yang sewaktu-waktu dapat menyumbangkan budaya dari sub suku tersebut.

“Inilah nilai positifnya semakin banyaknya Paguyuban yang kita miliki,” katanya.

Sementara itu ketua Paguyuban Pakomo'an Fransisco Uwardianus atau yang sering disapa Mejeng dalam Sambutannya mengatakan,bahwa kegiatan BAHAUPM adalah kegiatan musyawarah untuk memilih pengurus periode selanjutnya. Ia menyebutkan bahwa Paguyuban Pakomo'an juga wajib menduduki program pemerintah daerah kabupaten Sekadau Sekadau karena meskipun paguyuban Pakomo'an tersebut adalah isi dari warga Dayak Kanayatn' yang berasal dari kabupaten Landak, namun semua anggotanya paguyuban Pakomo'an domisilinya di kabupaten Sekadau.

Masih dikutip dia, selama menjabarkan sebagai ketua Paguyuban Pakomo'an dirinya sudah menjalankan program organisasi dengan baik, terutama mengenal pendataan warga Dayak Kanayatn' yang berada di kab Sekadau.

“Semua baik di kecamatan Mahap,.Taman, Rawak dan Sekadau hilir Semua sudah didata kini, tingal tiga kecamatan yakni wilayah tiga Belitang,” katanya.

Mudah-mudah dengan terpilihnya ketua baru dapat melanjutkan program kerja yang sudah di tetapkan.

Pada hasil pemilihan Fransisco Uwardianus atau mejeng kembali terpilih sebagai ketua Paguyuban Pakomo'an kabupaten Sekadau periode 2023-2028.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan dari Polres Sekadau, perwakilan dari Dandim 1204 Sanggau Sekadau, ketua MABM, ketua MABT serta seluruh ketua Paguyuban sub suku SE kabupaten Sekadau serta para undangan lainnya.(tim/darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini